Pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi larutan penyangga / Wiwin Eka Yanthi
Main Author: | Yanthi, Wiwin Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/22450/ |
Daftar Isi:
- ivRINGKASANYanthiWiwinEka.2018.PengaruhPenerapanModelPembelajaranProcessOrientedGuidedInquiryLearning(POGIL)TerhadapHasilBelajarKognitifdanKeterampilanProsesSainsPesertaDidikKelasXIPadaMateriLarutanPenyangga.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(2)Drs.Moh.ShodiqIbnuM.Si.KataKunciModelPembelajaranPOGILHasilBelajarKognitifKeterampilanProsesSainsHasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanprosessainspesertadidikmasihrendah.Rendahnyaketerampilanprosessainspesertadidikdisebabkanolehbeberapafaktorantaralainkurangnyakemampuanguruuntukmengajarkanketerampilanprosessainssampaikegiatanbelajarmengajaryangterjadimasihtradisional.KondisiiniperludiubahdenganmenggunakanmodelpembelajaranyangmenuntutsiswaaktifberfikirsalahsatunyadenganmodelPOGIL.ModelpembelajaranPOGILdapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifpesertadidik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaketerlaksanaanmodelpembelajaranPOGILdanekspositoridanapakahmodelpembelajaranPOGILmemberikanhasilyanglebihtinggidaripadamodelpembelajaranekspositoriterhadaphasilbelajarkognitifdanketerampilanprosessainspesertadidikpadamaterilarutanpenyanggakelasXISMANegeri2Batu.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiansemudenganpascates(QuasyExperimentalDesignPosttestOnly).PopulasipenelitianmencakupsemuapesertadidikkelasXIMIPASMANegeri2Batu.TeknikpengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplingdenganketentuannilaikemampuanawalpesertadidikdikelasXIMIPAmemilikivarianyanghomogen.SampelpenelitianmeliputikelasXIMIPA1sebagaikelaseksperimenyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranPOGILdankelasXIMIPA2sebagaikelaskontrolyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.Dataketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifpesertadidikdiperolehdarikemampuanpesertadidikmenjawabsoaltespilihanjamakdanuraian.Dataketerlaksanaanpembelajarandanketerampilanprosessainspesertadidikdianalisisdengananalisisdeskriptifdanperbedaanhasilbelajarkognitifpesertadidikdianalisisdenganuji-tsatupihakmenggunakanbantuanprogramSPSS25forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanmodelpembelajaranPOGILdanekspositoridikategorikanterlaksanadengansangatbaik(2)modelpembelajaranPOGILmemberikanhasilyanglebihtinggidibandingmodelpembelajaranekspositoriterhadaphasilbelajarkognitifpesertadidikpadamaterilarutanpenyanggadan(3)Keterampilanprosessainspesertadidikrata-ratamemberikankriteriasangatbaikpadamodelpembelajaranPOGILvdankriteriabaikpadamodelpembelajaranekspositoripadamaterilarutanpenyangga.