Pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi larutan penyangga / Wiwin Eka Yanthi

Main Author: Yanthi, Wiwin Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/22450/
Daftar Isi:
  • ivRINGKASANYanthiWiwinEka.2018.PengaruhPenerapanModelPembelajaranProcessOrientedGuidedInquiryLearning(POGIL)TerhadapHasilBelajarKognitifdanKeterampilanProsesSainsPesertaDidikKelasXIPadaMateriLarutanPenyangga.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)OktaviaSulistinaS.Pd.M.Pd.(2)Drs.Moh.ShodiqIbnuM.Si.KataKunciModelPembelajaranPOGILHasilBelajarKognitifKeterampilanProsesSainsHasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanprosessainspesertadidikmasihrendah.Rendahnyaketerampilanprosessainspesertadidikdisebabkanolehbeberapafaktorantaralainkurangnyakemampuanguruuntukmengajarkanketerampilanprosessainssampaikegiatanbelajarmengajaryangterjadimasihtradisional.KondisiiniperludiubahdenganmenggunakanmodelpembelajaranyangmenuntutsiswaaktifberfikirsalahsatunyadenganmodelPOGIL.ModelpembelajaranPOGILdapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifpesertadidik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaketerlaksanaanmodelpembelajaranPOGILdanekspositoridanapakahmodelpembelajaranPOGILmemberikanhasilyanglebihtinggidaripadamodelpembelajaranekspositoriterhadaphasilbelajarkognitifdanketerampilanprosessainspesertadidikpadamaterilarutanpenyanggakelasXISMANegeri2Batu.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiansemudenganpascates(QuasyExperimentalDesignPosttestOnly).PopulasipenelitianmencakupsemuapesertadidikkelasXIMIPASMANegeri2Batu.TeknikpengambilansampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplingdenganketentuannilaikemampuanawalpesertadidikdikelasXIMIPAmemilikivarianyanghomogen.SampelpenelitianmeliputikelasXIMIPA1sebagaikelaseksperimenyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranPOGILdankelasXIMIPA2sebagaikelaskontrolyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.Dataketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifpesertadidikdiperolehdarikemampuanpesertadidikmenjawabsoaltespilihanjamakdanuraian.Dataketerlaksanaanpembelajarandanketerampilanprosessainspesertadidikdianalisisdengananalisisdeskriptifdanperbedaanhasilbelajarkognitifpesertadidikdianalisisdenganuji-tsatupihakmenggunakanbantuanprogramSPSS25forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanmodelpembelajaranPOGILdanekspositoridikategorikanterlaksanadengansangatbaik(2)modelpembelajaranPOGILmemberikanhasilyanglebihtinggidibandingmodelpembelajaranekspositoriterhadaphasilbelajarkognitifpesertadidikpadamaterilarutanpenyanggadan(3)Keterampilanprosessainspesertadidikrata-ratamemberikankriteriasangatbaikpadamodelpembelajaranPOGILvdankriteriabaikpadamodelpembelajaranekspositoripadamaterilarutanpenyangga.