Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (stad) pada materi menghitung luas trapesium dan layang-layang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama kabupaten Malang / Muhammad Jufri

Main Author: Jufri, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/15548/
Daftar Isi:
  • KataKunciKooperatifStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)PrestasibelajarUpayauntukmeningkatkanprestasibelajarsiswadanmenyiapkansiswaagarmemilikihubungansosialyangsehatakhir-akhirinibanyakdikembangkanmelaluipembelajarankooperatif.SalahsatunyaadalahKooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)SejumlahstuditentangKooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)initelahkonsistenmenemukanbahwasiswayangbelajardengancarainidapatbelajardanmengedapankanmaterilebihbanyakdaripadasiswayangmembuatringkasannyasendiriataumerekayanghanyasekedarmembacamateripelajaranitu.TujuandaripenelitianinitidaklainuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVMINahdlatulUlamaKademanganPagelaranKabupatenMalang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Tahap-tahappenelitiantindakanberupasiklusspiralyangmeliputikegiatan1)perencanaan2)pemberiantindakan3)observasidan4)refleksiyangmembentuksiklusdemisiklussampaipenelitiantuntassehinggadiperolehdatayangdapatdikumpulkansebagaijawabandaripermasalahanpenelitian.Dalampenelitianiniakandilakukan2siklus.HasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatanPrestasibelajarsiswakelasVMINahdlatulUlamaKademanganPagelaranKabupatenMalang.Nilaisebelumnyapadamateriyangsamadengannilairata-rata600.SetelahditerapkanpembelajaranKooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)terjadipeningkatanpadaprestasibelajardengannilairata-rata7539padasiklusImenjadi8276padasiklusIIdaninisudahberadadiatasStandarKelulusanSekolahyaitu70.TerdapatpeningkatanpadatingkatketuntasansiswadarisebelumtindakankesiklusIkemudiankesiklusIIadalahdari55%menjadi7077%kemudianmenjadi8158%siswayangtuntasbelajar.HasilinitelahmemenuhipersentaseketuntasanbelajarsiswadiMINahdlatulUlamaKabupatenMalangyanghanya70%.DiharapkanpadapenelitianselanjutnyapembelajarandapatmenggunakanKooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)terhadaphasilbelajar.