STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA METODE PBL DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII SMP

Main Author: Sudigdo, Anang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3346
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3346/3144
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan uji- ekor kanan dengan prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving, ditunjukkan dengan nilai . Kata kunci: Problem Based Learning, Problem Solving