PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK. ISLAM TERPADU INSAN MADANI T.A 2017/2018

Main Author: Husnah, Azuratul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Sumatera Utara , 2018
Online Access: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274/269
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kreativitas anak kelompok B sebelum dilakukannya teknik kolase di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 2) pelaksanaan teknik kolase dalam meningkatklan kreativitas anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 3) ada peningkatan kreativitas setelah dilakukannya teknik kolase pada anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 14 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui teknik kolase. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kreativitas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 62% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 85,78%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup. Kata kunci: Kreativitas, Teknik Kolase, Menggambar