PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK. ISLAM TERPADU INSAN MADANI T.A 2017/2018
Main Author: | Husnah, Azuratul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UIN Sumatera Utara
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274 http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274/269 |
ctrlnum |
article-274 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK. ISLAM TERPADU INSAN MADANI T.A 2017/2018</title><creator>Husnah, Azuratul</creator><description lang="en-US">Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kreativitas anak kelompok B sebelum dilakukannya teknik kolase di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 2) pelaksanaan teknik kolase dalam meningkatklan kreativitas anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 3) ada peningkatan kreativitas setelah dilakukannya teknik kolase pada anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 14 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui teknik kolase. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kreativitas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 62% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 85,78%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup.  Kata kunci:  Kreativitas, Teknik Kolase, Menggambar          </description><publisher lang="en-US">UIN Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-07-26</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274</identifier><source lang="en-US">RAUDHAH; Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH</source><source>2338-2163</source><language>eng</language><relation>http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274/269</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 RAUDHAH</rights><recordID>article-274</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Husnah, Azuratul |
title |
PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK. ISLAM TERPADU INSAN MADANI T.A 2017/2018 |
publisher |
UIN Sumatera Utara |
publishDate |
2018 |
url |
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274 http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/274/269 |
contents |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kreativitas anak kelompok B sebelum dilakukannya teknik kolase di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 2) pelaksanaan teknik kolase dalam meningkatklan kreativitas anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 3) ada peningkatan kreativitas setelah dilakukannya teknik kolase pada anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 14 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui teknik kolase. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kreativitas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 62% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 85,78%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup. Kata kunci: Kreativitas, Teknik Kolase, Menggambar |
id |
IOS8230.article-274 |
institution |
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara |
institution_id |
3854 |
institution_type |
library:university library |
library |
Jurnal Raudhah |
library_id |
2969 |
collection |
Jurnal Raudhah |
repository_id |
8230 |
subject_area |
Child Development/Perkembangan Anak Teaching/Pendidikan, Pengajaran Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
city |
DELI SERDANG |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS8230 |
first_indexed |
2019-10-18T12:36:41Z |
last_indexed |
2019-10-18T12:36:41Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686615663465988096 |
score |
17.538404 |