Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Resensi) Ilmu Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 02 Rejang Lebong

Main Authors: Murti, Firda, Fakhrudin, fakhrudin, Rizal, Syamsul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/93/1/STRATEGI%20MODELING%20PARTISIPAN%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DAN%20IMPLIKASINYA%20TERHADAP%20.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/93/
ctrlnum 93
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://e-theses.iaincurup.ac.id/93/</relation><title>Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Resensi) Ilmu Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 02 Rejang Lebong</title><creator>Murti, Firda</creator><creator>Fakhrudin, fakhrudin</creator><creator>Rizal, Syamsul</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Firda Murti (14531175): Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Resensi) Ilmu Agama Islam Siswa Kelas XI di SMAN 02 Rejang Lebong&#xD; Latar belakang penelitian ini adalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan nawacita Presiden Jokowidodo yang bertujuan untuk meningkatan minat baca dan keterampilan membaca serta keterampilan menulis. Penerapannya di SMAN 02 Rejang Lebong telah sampai pada tahapan yang kedua yaitu tahap pengembangan sehingga belum sampai pada evaluasi atau dalam tahapan literasi yakni tahap pembelajaran. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya minat membaca serta kurangnya keterampilan membaca dan menulis siswa, siswa yang belum terbiasa dengan variasi baru kegiatan literasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan gerakan literasi sekolah di SMAN 02 Rejang Lebong, (2) Untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis (resensi) ilmu agama Islam siswa kelas XI di SMAN 02 Rejang Lebong.&#xD; Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan membaca serta keterampilan menulis siswa. Kegiatan ini dilakukan selama 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum proses KBM dimulai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 02 Rejang Lebong selama 06 Juli sampai 06 Oktober 2018. Subyek penelitian ini adalah wakil Kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, Ketua GLS, guru dan 110 siswa kelas XI sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diterapkan di SMAN 02 Rejang Lebong sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum proses KBM dimulai. Kegiatan literasi yang diterapkan di SMAN 02 Rejang Lebong yaitu, kegiatan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai kemudian menuliskannya di kartu literasi siswa. Setelah diterapkan program literasi, keterampilan membaca serta keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan meskipun belum ada evaluasi yang terstruktur dari pihak yang terkait.</description><date>2018-10-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-theses.iaincurup.ac.id/93/1/STRATEGI%20MODELING%20PARTISIPAN%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DAN%20IMPLIKASINYA%20TERHADAP%20.pdf</identifier><identifier> Murti, Firda and Fakhrudin, fakhrudin and Rizal, Syamsul (2018) Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Resensi) Ilmu Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 02 Rejang Lebong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup. </identifier><recordID>93</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Murti, Firda
Fakhrudin, fakhrudin
Rizal, Syamsul
title Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Resensi) Ilmu Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 02 Rejang Lebong
publishDate 2018
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://e-theses.iaincurup.ac.id/93/1/STRATEGI%20MODELING%20PARTISIPAN%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DAN%20IMPLIKASINYA%20TERHADAP%20.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/93/
contents Firda Murti (14531175): Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Resensi) Ilmu Agama Islam Siswa Kelas XI di SMAN 02 Rejang Lebong Latar belakang penelitian ini adalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan nawacita Presiden Jokowidodo yang bertujuan untuk meningkatan minat baca dan keterampilan membaca serta keterampilan menulis. Penerapannya di SMAN 02 Rejang Lebong telah sampai pada tahapan yang kedua yaitu tahap pengembangan sehingga belum sampai pada evaluasi atau dalam tahapan literasi yakni tahap pembelajaran. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya minat membaca serta kurangnya keterampilan membaca dan menulis siswa, siswa yang belum terbiasa dengan variasi baru kegiatan literasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan gerakan literasi sekolah di SMAN 02 Rejang Lebong, (2) Untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis (resensi) ilmu agama Islam siswa kelas XI di SMAN 02 Rejang Lebong. Gerakan Literasi Sekolah merupakan suatu program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan membaca serta keterampilan menulis siswa. Kegiatan ini dilakukan selama 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum proses KBM dimulai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 02 Rejang Lebong selama 06 Juli sampai 06 Oktober 2018. Subyek penelitian ini adalah wakil Kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, Ketua GLS, guru dan 110 siswa kelas XI sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diterapkan di SMAN 02 Rejang Lebong sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum proses KBM dimulai. Kegiatan literasi yang diterapkan di SMAN 02 Rejang Lebong yaitu, kegiatan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai kemudian menuliskannya di kartu literasi siswa. Setelah diterapkan program literasi, keterampilan membaca serta keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan meskipun belum ada evaluasi yang terstruktur dari pihak yang terkait.
id IOS8165.93
institution Institut Agama Islam Negeri Curup
institution_id 2824
institution_type library:university
library
library Pusat Perpustakaan IAIN Curup
library_id 2185
collection e-theses IAIN Curup
repository_id 8165
city Curup
province BENGKULU
repoId IOS8165
first_indexed 2019-10-05T07:36:40Z
last_indexed 2019-10-05T07:36:40Z
recordtype dc
_version_ 1686608703354044416
score 17.538404