Pengaruh Model Pembelajaran Kontesktual (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Fenomena Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa
Main Authors: | ., ANDRI AFRIANI, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2301 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika siswa yang mengikuti pembelajaran kontesktual (CTL) berbasis fenomena dan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual (CTL) berbasis fenomena dan model pembelajaran langsung, (3) menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual berbasis fenomena dan model pembelajaran langsung. Sampel penelitain ini diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan variabel keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika antar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis fenomena dan model pembelajaran langsung (F=23,590; p