PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Reciprocal Teaching terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII.A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII.C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode Reciprocal Teaching sedangkan kelas kontrol adalah kelas dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program komputer SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 51,07 dan kelas kontrol 46,27. sementara hasil tes akhir kelas eksperimen 79,43 dan kelas kontrol 76,30. Dari hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung>ttabel= 3,713>2,002, dengan df=58 pada tingkat signifikansi 95%. Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar dengan metode konvesional” diterima. Dengan diterimanya Ha, disimpulkan bahwa metode Reciprocal Teaching lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Utara