ANALISIS RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Minat belajar adalah mengfokuskan diri pada sebuah objek yang dipelajari hal ini penting minat harus dimiliki peserta didik untuk dapat berkonsentrasi terhadap objek yang akan dipelajari. Minat belajar peserta didik juga sangat erat hubunganya dengan kepribadian, ekspresi dan konsep diri yang dapat dipengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar itu sendiri menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam pen-elitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis den-gan menggunakan teknik analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didikdi kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang dipengaruhi Faktor internal dan eksternal adapun faktor yang mempengaruhi rendah minat dari internal peserta didik adalah faktor kesehatan sebesar 13%, faktor motif sebesar 15%, dan faktor perhatian 14%. Faktor yang mempengaruhi rendah minat belajar peserta didik dari eksternal diri peserta didik adalah faktor keluarga sebasar 17%, faktor bahan ajar sebesar 15%, faktor sikap guru 16%, dan faktor lingkungan teman 10%. Sehingga faktor yang paling dominan adalah faktor keluarga sebesar 17% kurangnya dorongan dari orang tua menyebabkan minat belajar peserta didik kurang untuk mempelajari ekonomi. Pada saat melakukan validasi angket sebaiknya jumlah pernyataan tiap indikator jumlahnya sama sehingga dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar.