ctrlnum 814
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unsri.ac.id/814/</relation><title>ANALISIS RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PALEMBANG</title><creator>REZKY, TIARA</creator><creator>Koryati, Dewi</creator><creator>Deskoni, Deskoni</creator><subject>LB5-3640 Theory and practice of education</subject><description>Minat belajar adalah mengfokuskan diri pada sebuah objek yang dipelajari hal ini penting minat harus dimiliki peserta didik untuk dapat berkonsentrasi terhadap objek yang akan dipelajari. Minat belajar peserta didik juga sangat erat hubunganya dengan kepribadian, ekspresi dan konsep diri yang dapat dipengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar itu sendiri menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam pen-elitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis den-gan menggunakan teknik analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didikdi kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang dipengaruhi Faktor internal dan eksternal adapun faktor yang mempengaruhi rendah minat dari internal peserta didik adalah faktor kesehatan sebesar 13%, faktor motif sebesar 15%, dan faktor perhatian 14%. Faktor yang mempengaruhi rendah minat belajar peserta didik dari eksternal diri peserta didik adalah faktor keluarga sebasar 17%, faktor bahan ajar sebesar 15%, faktor sikap guru 16%, dan faktor lingkungan teman 10%. Sehingga faktor yang paling dominan adalah faktor keluarga sebesar 17% kurangnya dorongan dari orang tua menyebabkan minat belajar peserta didik kurang untuk mempelajari ekonomi. Pada saat melakukan validasi angket sebaiknya jumlah pernyataan tiap indikator jumlahnya sama sehingga dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar.</description><date>2019-07-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/814/1/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_01_front_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/814/2/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_02.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/814/3/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_03.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/814/4/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_04.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/814/5/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_05.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/814/6/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_06_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/814/7/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_07_lamp.pdf</identifier><identifier> REZKY, TIARA and Koryati, Dewi and Deskoni, Deskoni (2019) ANALISIS RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University. </identifier><recordID>814</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author REZKY, TIARA
Koryati, Dewi
Deskoni, Deskoni
title ANALISIS RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 3 PALEMBANG
publishDate 2019
isbn 0603138152003
topic LB5-3640 Theory and practice of education
url http://repository.unsri.ac.id/814/1/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_01_front_ref.pdf
http://repository.unsri.ac.id/814/2/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_02.pdf
http://repository.unsri.ac.id/814/3/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_03.pdf
http://repository.unsri.ac.id/814/4/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_04.pdf
http://repository.unsri.ac.id/814/5/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_05.pdf
http://repository.unsri.ac.id/814/6/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_06_ref.pdf
http://repository.unsri.ac.id/814/7/RAMA_87203_06031381520030_0022086402_0001017402%20_07_lamp.pdf
http://repository.unsri.ac.id/814/
contents Minat belajar adalah mengfokuskan diri pada sebuah objek yang dipelajari hal ini penting minat harus dimiliki peserta didik untuk dapat berkonsentrasi terhadap objek yang akan dipelajari. Minat belajar peserta didik juga sangat erat hubunganya dengan kepribadian, ekspresi dan konsep diri yang dapat dipengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar itu sendiri menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam pen-elitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis den-gan menggunakan teknik analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didikdi kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang dipengaruhi Faktor internal dan eksternal adapun faktor yang mempengaruhi rendah minat dari internal peserta didik adalah faktor kesehatan sebesar 13%, faktor motif sebesar 15%, dan faktor perhatian 14%. Faktor yang mempengaruhi rendah minat belajar peserta didik dari eksternal diri peserta didik adalah faktor keluarga sebasar 17%, faktor bahan ajar sebesar 15%, faktor sikap guru 16%, dan faktor lingkungan teman 10%. Sehingga faktor yang paling dominan adalah faktor keluarga sebesar 17% kurangnya dorongan dari orang tua menyebabkan minat belajar peserta didik kurang untuk mempelajari ekonomi. Pada saat melakukan validasi angket sebaiknya jumlah pernyataan tiap indikator jumlahnya sama sehingga dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar.
id IOS8119.814
institution Universitas Sriwijaya
institution_id 177
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya
library_id 1098
collection Sriwijaya University Institutional Repository
repository_id 8119
city OGAN ILIR
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS8119
first_indexed 2020-03-23T07:55:00Z
last_indexed 2020-03-23T07:55:00Z
recordtype dc
_version_ 1674860780560842752
score 17.538404