Daftar Isi:
  • Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ogan Ilir terletak di Komplek Kantor Bupati Kabupaten Ogan Ilir. Dalam memberikan pelayanan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ogan Ilir masih terdapat beberapa kekurangan pada sarana dan prasarana pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan kartu pencari kerja/AK-1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teori yang digunakan adalah dimensi SERVQUAL oleh Zeithaml dkk yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kualitas pelayanan pembuatan Kartu Pencari Kerja/AK-1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ogan Ilir belum maksimal karena masih terdapat kekurangan-kekurangan pada beberapa dimensi yang perlu dibenahi. Pertama pada dimensi tangible, fasilitas pelayanan seperti komputer dalam kondisi buruk. Kedua pada dimensi reliability, petugas terkadang masih terlambat dalam memberikan pelayanan. Ketiga pada dimensi assurance, kurang nyamannya fasilitas yang diberikan dalam pelayanan seperti tidak adanya pendingin ruangan. Saran untuk penelitian ini yaitu perlu adanya evaluasi pelayanan oleh pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terhadap pelayanan yang diberikan petugas pembuat AK-1. Agar apa yang menjadi kendala, kekurangan, dan masalah dalam kualitas pelayanan pembuatan Kartu Pencari Kerja/AK-1 dapat diatasi demi terwujudnya pelayanan prima. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kartu Pencari Kerja/AK-1, Dimensi SERVQUAL