PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA N 1 Indralaya Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X Mia I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan kelas X Mia II sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretest) menulis teks prosedur kompleks kelas eksperimen 50.31 dan kelas kontrol 53.86. nilai rata-rata akhir (posttest) menulis teks prosedur kompleks kelas eksperimen 78.31 dan kelas kontrol 70.46. hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA N 1 Indralaya Selatan pada kelas eksperimen 28.18. hasil analisis uji-t menunjukan bahwa thitung (3.321) lebih besar dari tabel (2,006) df = 53 pada tingkat signifikasi 95% (α = 0,025). Ha yang menyatakan ― Ada perbedaan dalam kemampuan menulis teks prosedur kompleks yang belajar dengan menggunakan media audio visual dengan siswa yang belajar dengan mengggunakan media visual (μ 1 ≠ μ 2),‖ Dapat disimpulkan dengan diterimanya Ha bahwa media audio visual lebih berpengaruh daripada media visual pada siswa kelas X SMA N 1 Indralaya Selatan.