Evaluasi Gap Acceptance Kendaraan Dalam Melakukan Performa Putaran-U Pada Jalan Kol. Burlian, Palembang

Main Author: Della, Rhaptyalyani Herno
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unsri.ac.id/24468/1/Penelitian_2012.pdf
http://repository.unsri.ac.id/24468/
Daftar Isi:
  • Di beberapa ruas jalan, dalam memperkecil terjadinya perputaran kendaraan pada persimpangan maka dibuatlah persimpangan putaran U. Contohnya pada sampai dengan tahun 2010 ruas jalan Kol. H. Burlian yang memiliki panjang 7.3 Km memiliki 16 putaran-U dengan minimal jarak antar putaran-U sepanjang 50 meter. Pada akhir tahun 2011, terjadi pengurangan putaran-U karena dinilai tidak efektif. Pada dasarnya, tidak ada peraturan secara detail mengenai putaran-U. Hal ini yang membuat perencanaan putaran-U terkesan sembarangan dan hanya berdasarkan kebutuhan beberapa pihak tanpa memperhatikan kondisi lalu lintas disekitar putaran-U. Mengetahui bagaimana gap acceptance yang dapat diterima oleh kendaraan dalam melakukan performa putaran-U dalam suatu jalan sehingga lalu lintas yang terjadi pada jalan tersebut berlangsung lebih baik dan aman bagi pengguna jalan tersebut. Gap acceptance berpengaruh untuk operasional dari U-turn, di mana kendaraan saat manuver melakukan akan menurunkan kecepatan kendaraan. Akseptasi perbedaan kecepatan dapat menyebabkan keterlambatan dan antrian di daerah berbalik arah. Evaluasi dari delay dan travel time dibutuhkan untuk mengetahui kinerja gap acceptance dari putaran-U.