PENGARUH BRAND IMAGE JNE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH JASA PENGIRIMAN PAKET (Studi Pada Konsumen JNE Mayor Ruslan Palembang )
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Brand Image JNE Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Jasa Pengiriman Paket (Studi pada Konsumen JNE Mayor Ruslan Palembang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image JNE terhadap keputusan konsumen memilih jasa pengiriman paket dan mengetahui berapa besar pengaruh brand image JNE terhadap keputusan konsumen memilih jasa pengiriman paket. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (a) teori brand image dari Whitwell (2005) dengan tiga indikator yaitu citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk dan (b) teori keputusan konsumen dari Kotler (2000) dengan lima indikator yaitu, pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Jumlah total sampel adalah 135 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan eksplanatif. Teknik pengumpulan menggunakan penyebaran kuesioner, observasi lapangan daan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari brand image JNE terhadap keputusan konsumen memilih jasa pengiriman paket di JNE Mayor Ruslan Palembang. Karena diketahui bahwa nilai t_hitung sebesar 16,422 > t_tabel 1,977 yang artinya variabel brand image berpengaruh terhadap variable keputusan konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel X yang signifikan terhadap variabel Y. Dari hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa “Ada Pengaruh yang Signifikan dari Brand Image terhadap Keputusan Konsumen”. Maka H1 diterima H0 ditolak.