PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN HITUNGAN ROMAWI

Main Author: Fitri Yenni,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9670/1/2012_2012760.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9670/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar melalui penerapan metode kooperatif tipe group investigasi, dengan rumusan masalah adalah apakah penerapan metode kooperatif tipe group investigasi dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SDN 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar pada pokok bahasan hitungan romawi?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar. Sampel pada penelitian ini adalah guru SD Negeri 060 Desa Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar sebanyak 12 orang dan murid kelas IV sebanyak 36 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar murid sebelum dan setelah menggunakan tindakan, kemudian penelitian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: siklus I = 69,70% pada ulangan harian I, sedangkan setelah tindakan di peroleh hasil sebagai berikut: siklus II = 72,60% pada ulangan harian II. Berdasarkan dari hasil diatas maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika murid sebelum di terapkan metode kooperatif tipe group investigasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar matematika murid meningkat sesudah menerapkan metode kooperatif tipe group investigasi.