PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN HITUNGAN ROMAWI
Main Author: | Fitri Yenni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9670/1/2012_2012760.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9670/ |
ctrlnum |
9670 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9670/</relation><title>PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN
KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN
HITUNGAN ROMAWI</title><creator>Fitri Yenni, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas IV
SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar melalui penerapan metode
kooperatif tipe group investigasi, dengan rumusan masalah adalah apakah
penerapan metode kooperatif tipe group investigasi dapat meningkatkan hasil
belajar murid kelas IV SDN 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar pada
pokok bahasan hitungan romawi?”
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang
berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah
murid kelas IV SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar. Sampel pada
penelitian ini adalah guru SD Negeri 060 Desa Tanjung Rambutan Kecamatan
Kampar sebanyak 12 orang dan murid kelas IV sebanyak 36 orang.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di akhir
pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar murid sebelum dan setelah
menggunakan tindakan, kemudian penelitian menganalisis data. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan
berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya
dengan rata-rata sebagai berikut: siklus I = 69,70% pada ulangan harian I,
sedangkan setelah tindakan di peroleh hasil sebagai berikut: siklus II = 72,60%
pada ulangan harian II.
Berdasarkan dari hasil diatas maka terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar matematika murid sebelum di terapkan metode kooperatif tipe
group investigasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar matematika
murid meningkat sesudah menerapkan metode kooperatif tipe group investigasi.</description><date>2012-12-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9670/1/2012_2012760.pdf</identifier><identifier> Fitri Yenni, (2012) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN HITUNGAN ROMAWI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9670</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fitri Yenni, |
title |
PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN
KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN
HITUNGAN ROMAWI |
publishDate |
2012 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/9670/1/2012_2012760.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9670/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas IV
SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar melalui penerapan metode
kooperatif tipe group investigasi, dengan rumusan masalah adalah apakah
penerapan metode kooperatif tipe group investigasi dapat meningkatkan hasil
belajar murid kelas IV SDN 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar pada
pokok bahasan hitungan romawi?”
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang
berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah
murid kelas IV SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar. Sampel pada
penelitian ini adalah guru SD Negeri 060 Desa Tanjung Rambutan Kecamatan
Kampar sebanyak 12 orang dan murid kelas IV sebanyak 36 orang.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di akhir
pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar murid sebelum dan setelah
menggunakan tindakan, kemudian penelitian menganalisis data. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan
berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya
dengan rata-rata sebagai berikut: siklus I = 69,70% pada ulangan harian I,
sedangkan setelah tindakan di peroleh hasil sebagai berikut: siklus II = 72,60%
pada ulangan harian II.
Berdasarkan dari hasil diatas maka terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar matematika murid sebelum di terapkan metode kooperatif tipe
group investigasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar matematika
murid meningkat sesudah menerapkan metode kooperatif tipe group investigasi. |
id |
IOS7815.9670 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:09:16Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:09:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821931031855104 |
score |
17.538404 |