PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN HITUNGAN ROMAWI

Main Author: Fitri Yenni,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9670/1/2012_2012760.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9670/
ctrlnum 9670
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9670/</relation><title>PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI&#xD; UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV&#xD; SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN&#xD; KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN&#xD; HITUNGAN ROMAWI</title><creator>Fitri Yenni, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas IV&#xD; SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar melalui penerapan metode&#xD; kooperatif tipe group investigasi, dengan rumusan masalah adalah apakah&#xD; penerapan metode kooperatif tipe group investigasi dapat meningkatkan hasil&#xD; belajar murid kelas IV SDN 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar pada&#xD; pokok bahasan hitungan romawi?&#x201D;&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang&#xD; berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah&#xD; murid kelas IV SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar. Sampel pada&#xD; penelitian ini adalah guru SD Negeri 060 Desa Tanjung Rambutan Kecamatan&#xD; Kampar sebanyak 12 orang dan murid kelas IV sebanyak 36 orang.&#xD; Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di akhir&#xD; pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar murid sebelum dan setelah&#xD; menggunakan tindakan, kemudian penelitian menganalisis data. Teknik analisis&#xD; data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan&#xD; berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya&#xD; dengan rata-rata sebagai berikut: siklus I = 69,70% pada ulangan harian I,&#xD; sedangkan setelah tindakan di peroleh hasil sebagai berikut: siklus II = 72,60%&#xD; pada ulangan harian II.&#xD; Berdasarkan dari hasil diatas maka terdapat perbedaan yang signifikan&#xD; antara hasil belajar matematika murid sebelum di terapkan metode kooperatif tipe&#xD; group investigasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar matematika&#xD; murid meningkat sesudah menerapkan metode kooperatif tipe group investigasi.</description><date>2012-12-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9670/1/2012_2012760.pdf</identifier><identifier> Fitri Yenni, (2012) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN HITUNGAN ROMAWI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9670</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fitri Yenni,
title PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 060 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR PADA POKOK BAHASAN HITUNGAN ROMAWI
publishDate 2012
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/9670/1/2012_2012760.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9670/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar melalui penerapan metode kooperatif tipe group investigasi, dengan rumusan masalah adalah apakah penerapan metode kooperatif tipe group investigasi dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SDN 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar pada pokok bahasan hitungan romawi?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD 060 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar. Sampel pada penelitian ini adalah guru SD Negeri 060 Desa Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar sebanyak 12 orang dan murid kelas IV sebanyak 36 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar murid sebelum dan setelah menggunakan tindakan, kemudian penelitian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: siklus I = 69,70% pada ulangan harian I, sedangkan setelah tindakan di peroleh hasil sebagai berikut: siklus II = 72,60% pada ulangan harian II. Berdasarkan dari hasil diatas maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika murid sebelum di terapkan metode kooperatif tipe group investigasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar matematika murid meningkat sesudah menerapkan metode kooperatif tipe group investigasi.
id IOS7815.9670
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:09:16Z
last_indexed 2019-07-31T02:09:16Z
recordtype dc
_version_ 1674821931031855104
score 17.538404