THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL AL HUDA PEKANBARU
Main Author: | Ilham Akbar Yarmi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9512/1/2012_2012518.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9512/ |
ctrlnum |
9512 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9512/</relation><title>THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING
ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’
READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT
AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL
AL HUDA PEKANBARU</title><creator>Ilham Akbar Yarmi, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada pengaruh yang
signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA)
terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa. Penelitian ini adalah penelitian
quasi-experimental yang secara khususnya adalah desain nonrandomized control
group, pretest-posttest. Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan
bahwa pemahaman membaca teks naratif siswa rendah. Sehingga penulis tertarik
untuk mencoba mengatasi masalah pemahaman membaca teks naratif siswa
dengan menerapkan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA)
sebagai strategi pengajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan dua kelas
yang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Penulis menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tes
digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks naratif.
Penulis menggunakan nilai pasca tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
untuk dianalisa menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi
linear sederhana tersebut dihitung dengan menggunakan SPSS 16. Keluaran
ANOVA dari analisis regersi linear sederhana tersebut kemudian digunakan untuk
menjawab hipotesis penelitian ini.
Setelah dianalisa dengan analisis regresi linear sederhana, nilai p-value
(Sig.) dari ANOVA adalah 0.000. Nilai level alpha (α) adalah 0.05. Nilai p-value
(Sig.) lebih kecil dari nilai level alpha (α) (0.000 < 0.05). Dari hasil perhitungan
tersebut, Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-
Thinking Activity (DR-TA) terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa
pada kelas satu Sekolah Menengah Atas Al Huda Pekanbaru. Koefisien
determinasi yang didapat yaitu 0.340. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi
Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) memberikan pengaruh terhadap
peningkatan kemampuan membaca teks naratif siswa sebesar 34%. Dan
peningkatan pemahaman membaca teks naratif siswa sebesar 66% dipengaruhi
oleh faktor dari luar.</description><date>2012-12-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9512/1/2012_2012518.pdf</identifier><identifier> Ilham Akbar Yarmi, (2012) THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL AL HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9512</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ilham Akbar Yarmi, |
title |
THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING
ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’
READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT
AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL
AL HUDA PEKANBARU |
publishDate |
2012 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/9512/1/2012_2012518.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9512/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada pengaruh yang
signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA)
terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa. Penelitian ini adalah penelitian
quasi-experimental yang secara khususnya adalah desain nonrandomized control
group, pretest-posttest. Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan
bahwa pemahaman membaca teks naratif siswa rendah. Sehingga penulis tertarik
untuk mencoba mengatasi masalah pemahaman membaca teks naratif siswa
dengan menerapkan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA)
sebagai strategi pengajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan dua kelas
yang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Penulis menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tes
digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks naratif.
Penulis menggunakan nilai pasca tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
untuk dianalisa menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi
linear sederhana tersebut dihitung dengan menggunakan SPSS 16. Keluaran
ANOVA dari analisis regersi linear sederhana tersebut kemudian digunakan untuk
menjawab hipotesis penelitian ini.
Setelah dianalisa dengan analisis regresi linear sederhana, nilai p-value
(Sig.) dari ANOVA adalah 0.000. Nilai level alpha (α) adalah 0.05. Nilai p-value
(Sig.) lebih kecil dari nilai level alpha (α) (0.000 < 0.05). Dari hasil perhitungan
tersebut, Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-
Thinking Activity (DR-TA) terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa
pada kelas satu Sekolah Menengah Atas Al Huda Pekanbaru. Koefisien
determinasi yang didapat yaitu 0.340. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi
Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) memberikan pengaruh terhadap
peningkatan kemampuan membaca teks naratif siswa sebesar 34%. Dan
peningkatan pemahaman membaca teks naratif siswa sebesar 66% dipengaruhi
oleh faktor dari luar. |
id |
IOS7815.9512 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:09:12Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:09:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821930196140032 |
score |
17.538404 |