THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL AL HUDA PEKANBARU

Main Author: Ilham Akbar Yarmi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9512/1/2012_2012518.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9512/
ctrlnum 9512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9512/</relation><title>THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING&#xD; ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS&#x2019;&#xD; READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT&#xD; AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL&#xD; AL HUDA PEKANBARU</title><creator>Ilham Akbar Yarmi, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada pengaruh yang&#xD; signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA)&#xD; terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa. Penelitian ini adalah penelitian&#xD; quasi-experimental yang secara khususnya adalah desain nonrandomized control&#xD; group, pretest-posttest. Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan&#xD; bahwa pemahaman membaca teks naratif siswa rendah. Sehingga penulis tertarik&#xD; untuk mencoba mengatasi masalah pemahaman membaca teks naratif siswa&#xD; dengan menerapkan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA)&#xD; sebagai strategi pengajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan dua kelas&#xD; yang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.&#xD; Penulis menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tes&#xD; digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks naratif.&#xD; Penulis menggunakan nilai pasca tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol&#xD; untuk dianalisa menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi&#xD; linear sederhana tersebut dihitung dengan menggunakan SPSS 16. Keluaran&#xD; ANOVA dari analisis regersi linear sederhana tersebut kemudian digunakan untuk&#xD; menjawab hipotesis penelitian ini.&#xD; Setelah dianalisa dengan analisis regresi linear sederhana, nilai p-value&#xD; (Sig.) dari ANOVA adalah 0.000. Nilai level alpha (&#x3B1;) adalah 0.05. Nilai p-value&#xD; (Sig.) lebih kecil dari nilai level alpha (&#x3B1;) (0.000 &lt; 0.05). Dari hasil perhitungan&#xD; tersebut, Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa&#xD; ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-&#xD; Thinking Activity (DR-TA) terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa&#xD; pada kelas satu Sekolah Menengah Atas Al Huda Pekanbaru. Koefisien&#xD; determinasi yang didapat yaitu 0.340. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi&#xD; Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) memberikan pengaruh terhadap&#xD; peningkatan kemampuan membaca teks naratif siswa sebesar 34%. Dan&#xD; peningkatan pemahaman membaca teks naratif siswa sebesar 66% dipengaruhi&#xD; oleh faktor dari luar.</description><date>2012-12-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9512/1/2012_2012518.pdf</identifier><identifier> Ilham Akbar Yarmi, (2012) THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS&#x2019; READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL AL HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9512</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ilham Akbar Yarmi,
title THE EFFECT OF USING DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT AT THE FIRST YEAR OF SENIOR HIGH SCHOOL AL HUDA PEKANBARU
publishDate 2012
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/9512/1/2012_2012518.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9512/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental yang secara khususnya adalah desain nonrandomized control group, pretest-posttest. Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan bahwa pemahaman membaca teks naratif siswa rendah. Sehingga penulis tertarik untuk mencoba mengatasi masalah pemahaman membaca teks naratif siswa dengan menerapkan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) sebagai strategi pengajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan dua kelas yang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penulis menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks naratif. Penulis menggunakan nilai pasca tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk dianalisa menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis regresi linear sederhana tersebut dihitung dengan menggunakan SPSS 16. Keluaran ANOVA dari analisis regersi linear sederhana tersebut kemudian digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini. Setelah dianalisa dengan analisis regresi linear sederhana, nilai p-value (Sig.) dari ANOVA adalah 0.000. Nilai level alpha (α) adalah 0.05. Nilai p-value (Sig.) lebih kecil dari nilai level alpha (α) (0.000 < 0.05). Dari hasil perhitungan tersebut, Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Directed Reading- Thinking Activity (DR-TA) terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa pada kelas satu Sekolah Menengah Atas Al Huda Pekanbaru. Koefisien determinasi yang didapat yaitu 0.340. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca teks naratif siswa sebesar 34%. Dan peningkatan pemahaman membaca teks naratif siswa sebesar 66% dipengaruhi oleh faktor dari luar.
id IOS7815.9512
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:09:12Z
last_indexed 2019-07-31T02:09:12Z
recordtype dc
_version_ 1674821930196140032
score 17.538404