STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN WADI’AH DAN MUDHARABAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BANK RIAU KEPRI SYARIAH (Studi Kasus Pada Unit Layanan Syariah Cabang Bengkalis dan Dumai)

Main Author: Basma Hairani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9295/1/2012_201249EI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9295/
Daftar Isi:
  • Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Bengkalis dan Dumai melalui unit layanan syariahnya merupakan salah satu bank yang menjual produk tabungan wadi’ah dan mudharabah. Produk yang ditawarkan Bank dalam penelitian ini antara lain: 1). Tabungan iB Sinar, 2). Deposito Syari’ah, dan 3). Tabungan iB Dhuha. Dalam penelitian ini, perumusan masalah yang diangkat adalah : 1). Bagaimana strategi yang digunakan untuk menarik nasabah dalam produk tabungan wadi’ah dan mudharabah pada Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Bengkalis dan Dumai ? 2). Apakah faktor yang mempengaruhi pemasaran produk tabungan wadi’ah dan mudharabah pada Bank Riau Kepri Syariah Cabang Bengkalis dan Dumai ? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui bagaimana strategi yang akan digunakan untuk menarik nasabah dalam produk tabungan wadi’ah dan mudharabah. oleh Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Bengkalis dan Dumai, 2). Untuk mengetahui apakah faktor yang mempengaruhi pemasaran produk tabungan wadi’ah dan mudharabah pada Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Bengkalis dan Dumai. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa pada umumnya nasabah Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Bengkalis menjadi nasabah diperoleh informasi melalui teman (sebanyak 15 orang responden atau 30 % dari 50 orang responden), sedangkan nasabah Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Dumai menjadi nasabah diperoleh informasi melalui brosur (sebanyak 16 orang responden atau 32 % dari 50 orang responden). Dalam hal pelayanan yang diberikan karyawan Bank Riau-Kepri Syariah baik Cabang Bengkalis dan Dumai seluruh responden menyatakan puas atau setuju bahwa pelayannya telah baik dilaksanakan. Minat masyarakat menabung di Bank Riau-Kepri Syariah Cabang Bengkalis dan Dumai didominasi bahwa mereka menabung karena sangat nyaman menyimpan dana secara syariah. Formulasi strategi yang dihasilkan dengan menggunakan analisis SWOT antara lain : 1). Strategi S-O : Gunakan aset dan modal yang besar untuk menjadikan masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam sebagai pasar potensial, 2). Strategi W-O : Ubah image yang terbentuk dimasyarakat bahwa bank bukan hanya untuk orang Islam saja namun menjadikan masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam sebagai pasar potensial, 3). Strategi S-T : Gunakan aset dan modal yang besar dengan membuat strategi pemasaran produk tabungan syariah yang menarik agar nasabah tidak lagi cenderung menyukai produk dari perbankan konvensional, 4). Strategi W-T : Ubah image yang terbentuk dimasyarakat bahwa bank bukan hanya untuk orang Islam saja agar nasabah tidak cenderung menyukai produk dari perbankan konvensional.