PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Masnidar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9113/1/2013_2013501PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9113/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Teknik Pembelajaran The Frayer Model dan hasil belajar siswa kelas IV. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 57,58% atau 19 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 orang atau ketuntasan hanya mencapai 69,70%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 29 orang siswa atau dengan persentase 87,88%.