PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Masnidar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/9113/1/2013_2013501PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9113/ |
ctrlnum |
9113 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9113/</relation><title>PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004
BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Masnidar, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan
Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah
dengan penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam
di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten
Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013
dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Teknik
Pembelajaran The Frayer Model dan hasil belajar siswa kelas IV. Variabel dalam
penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model, dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan
tes.
Penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dikatakan berhasil apabila
hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah
dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum
tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya
mencapai 57,58% atau 19 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas
meningkat menjadi 23 orang atau ketuntasan hanya mencapai 69,70%. Pada siklus II
ternyata ketuntasan siswa mencapai 29 orang siswa atau dengan persentase 87,88%.</description><date>2013-11-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9113/1/2013_2013501PGMI.pdf</identifier><identifier> Masnidar, (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9113</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Masnidar, |
title |
PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004
BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2013 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/9113/1/2013_2013501PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/9113/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan
Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah
dengan penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam
di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten
Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013
dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Teknik
Pembelajaran The Frayer Model dan hasil belajar siswa kelas IV. Variabel dalam
penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model, dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan
tes.
Penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dikatakan berhasil apabila
hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah
dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum
tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya
mencapai 57,58% atau 19 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas
meningkat menjadi 23 orang atau ketuntasan hanya mencapai 69,70%. Pada siklus II
ternyata ketuntasan siswa mencapai 29 orang siswa atau dengan persentase 87,88%. |
id |
IOS7815.9113 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:09:03Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:09:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821927766589440 |
score |
17.538404 |