PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Masnidar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9113/1/2013_2013501PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9113/
ctrlnum 9113
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/9113/</relation><title>PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL&#xD; UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA&#xD; MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL&#xD; DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004&#xD; BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Masnidar, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan&#xD; Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah&#xD; dengan penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dapat meningkatkan hasil&#xD; belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam&#xD; di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten&#xD; Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013&#xD; dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Teknik&#xD; Pembelajaran The Frayer Model dan hasil belajar siswa kelas IV. Variabel dalam&#xD; penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model, dan hasil&#xD; belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik&#xD; pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan&#xD; tes.&#xD; Penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dikatakan berhasil apabila&#xD; hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah&#xD; dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum&#xD; tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya&#xD; mencapai 57,58% atau 19 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas&#xD; meningkat menjadi 23 orang atau ketuntasan hanya mencapai 69,70%. Pada siklus II&#xD; ternyata ketuntasan siswa mencapai 29 orang siswa atau dengan persentase 87,88%.</description><date>2013-11-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/9113/1/2013_2013501PGMI.pdf</identifier><identifier> Masnidar, (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>9113</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Masnidar,
title PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BANGKINANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2013
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/9113/1/2013_2013501PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9113/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Teknik Pembelajaran The Frayer Model dan hasil belajar siswa kelas IV. Variabel dalam penelitian ini yaitu: 1) penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penerapan Teknik Pembelajaran The Frayer Model dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 57,58% atau 19 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 orang atau ketuntasan hanya mencapai 69,70%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 29 orang siswa atau dengan persentase 87,88%.
id IOS7815.9113
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:09:03Z
last_indexed 2019-07-31T02:09:03Z
recordtype dc
_version_ 1674821927766589440
score 17.538404