MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI SNOWBALLING DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL JABAR BENGKONG KOTA BATAM

Main Author: Anis Mufatic,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8785/1/2013_2013394PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8785/
Daftar Isi:
  • Guru mengemban tugas sebagai orang yang mentranformasikan ilmu pengetahuan, sangat dituntut secara profesional dengan kemapuan manajerialnya dalam mengelola kelas agar suasana pembelajaran berjalan aktif, produktif serta melalui strategi dan metode mengajar yang direncanakan, sehingga target pembelajarannya atau output yang dihasilkan maksimal dan sesuai dengan yang apa yang diharap-harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi snowballing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan objeknya adalah penerapan strategi snowballing pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan di dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan selama tiga siklus maka akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi snowballing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Jabar Bengkong Batam.