KONTRIBUSI PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Eka Umami, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8191/1/2012_2012475.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8191/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah kontribusi penerapan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Populasinya adalah Siswa kelas XI IPS yang berjumlah 27 siswa, karena jumlah populasinya sedikit maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama (X) dan Variabel kedua (Y) bersifat ordinal dan interval. maka penulis menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Berdasarkan data yang dianalisis besarnya kontribusi Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar adalah ro (observasi) = 0, 648, hasil analisis tersebut dapat diketahui : df = 25, rt (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,381, rt (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,487. Kontribusi penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar adalah sebesar 0, 648 x 100% = 64.8% dan sebanyak 35,2 % dipengaruhi oleh variabel lain. ini berarti Ha diterima, Ho ditolak