PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Siti Masruroh,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8124/1/2012_2012739.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8124/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh hasil belajar sains siswa. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian dari hasil belajar yang di peroleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari evaluasi pada mata pelajaran sains, lebih dari 60% seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65 yang di tetapkan. Hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sains di kelas IV SD Negeri 027 Sialang Kubang dengan menerapkan pendekatan pembelaran yang sesuai. Dalam hal ini pendekatan yang dipilih adalah pendekatan pembelajaran Transferen Komponen Identik. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten kampar, Tahun peljaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa yang sebelum penerapan Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik nilai ketuntasannya sebesar 43% meningkat menjadi 52%, pada siklus I dan kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 76%. Kata Kunci : Hasil Belajar Sains, Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik