PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Siti Masruroh,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8124/1/2012_2012739.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8124/
ctrlnum 8124
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8124/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS&#xD; MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK&#xD; KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG&#xD; KECAMATAN PERHENTIAN RAJA&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Siti Masruroh, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh hasil&#xD; belajar sains siswa. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian dari hasil belajar yang di&#xD; peroleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari evaluasi pada mata pelajaran sains,&#xD; lebih dari 60% seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal&#xD; (KKM) 65 yang di tetapkan. Hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang&#xD; menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Tujuan dari penelitian ini adalah&#xD; untuk meningkatkan hasil belajar sains di kelas IV SD Negeri 027 Sialang Kubang&#xD; dengan menerapkan pendekatan pembelaran yang sesuai. Dalam hal ini pendekatan&#xD; yang dipilih adalah pendekatan pembelajaran Transferen Komponen Identik. Sebagai&#xD; subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Sialang&#xD; Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten kampar, Tahun peljaran 2011-2012&#xD; dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam&#xD; penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains&#xD; Melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik Kelas IV Sekolah Dasar&#xD; Negeri 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar.&#xD; Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat&#xD; disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Sialang Kubang Kecamatan&#xD; Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa&#xD; yang sebelum penerapan Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik nilai&#xD; ketuntasannya sebesar 43% meningkat menjadi 52%, pada siklus I dan kemudian&#xD; meningkat lagi pada siklus II menjadi 76%.&#xD; Kata Kunci : Hasil Belajar Sains, Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik</description><date>2012-10-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8124/1/2012_2012739.pdf</identifier><identifier> Siti Masruroh, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8124</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siti Masruroh,
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2012
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/8124/1/2012_2012739.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8124/
contents Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh hasil belajar sains siswa. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian dari hasil belajar yang di peroleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari evaluasi pada mata pelajaran sains, lebih dari 60% seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65 yang di tetapkan. Hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sains di kelas IV SD Negeri 027 Sialang Kubang dengan menerapkan pendekatan pembelaran yang sesuai. Dalam hal ini pendekatan yang dipilih adalah pendekatan pembelajaran Transferen Komponen Identik. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten kampar, Tahun peljaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa yang sebelum penerapan Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik nilai ketuntasannya sebesar 43% meningkat menjadi 52%, pada siklus I dan kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 76%. Kata Kunci : Hasil Belajar Sains, Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik
id IOS7815.8124
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:40Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:40Z
recordtype dc
_version_ 1674821922223816704
score 17.538404