PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Siti Masruroh, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8124/1/2012_2012739.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8124/ |
ctrlnum |
8124 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8124/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK
KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG
KECAMATAN PERHENTIAN RAJA
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Siti Masruroh, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh hasil
belajar sains siswa. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian dari hasil belajar yang di
peroleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari evaluasi pada mata pelajaran sains,
lebih dari 60% seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal
(KKM) 65 yang di tetapkan. Hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar sains di kelas IV SD Negeri 027 Sialang Kubang
dengan menerapkan pendekatan pembelaran yang sesuai. Dalam hal ini pendekatan
yang dipilih adalah pendekatan pembelajaran Transferen Komponen Identik. Sebagai
subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Sialang
Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten kampar, Tahun peljaran 2011-2012
dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam
penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains
Melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik Kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat
disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Sialang Kubang Kecamatan
Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa
yang sebelum penerapan Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik nilai
ketuntasannya sebesar 43% meningkat menjadi 52%, pada siklus I dan kemudian
meningkat lagi pada siklus II menjadi 76%.
Kata Kunci : Hasil Belajar Sains, Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik</description><date>2012-10-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8124/1/2012_2012739.pdf</identifier><identifier> Siti Masruroh, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8124</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Siti Masruroh, |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TRANSFEREN KOMPONEN IDENTIK
KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 027 SIALANG KUBANG
KECAMATAN PERHENTIAN RAJA
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2012 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8124/1/2012_2012739.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8124/ |
contents |
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh hasil
belajar sains siswa. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian dari hasil belajar yang di
peroleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari evaluasi pada mata pelajaran sains,
lebih dari 60% seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal
(KKM) 65 yang di tetapkan. Hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar sains di kelas IV SD Negeri 027 Sialang Kubang
dengan menerapkan pendekatan pembelaran yang sesuai. Dalam hal ini pendekatan
yang dipilih adalah pendekatan pembelajaran Transferen Komponen Identik. Sebagai
subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Sialang
Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten kampar, Tahun peljaran 2011-2012
dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam
penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains
Melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik Kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 027 Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat
disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 027 Sialang Kubang Kecamatan
Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa
yang sebelum penerapan Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik nilai
ketuntasannya sebesar 43% meningkat menjadi 52%, pada siklus I dan kemudian
meningkat lagi pada siklus II menjadi 76%.
Kata Kunci : Hasil Belajar Sains, Model Pembelajaran Transferen Komponen Identik |
id |
IOS7815.8124 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:40Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821922223816704 |
score |
17.538404 |