PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Main Author: Wiza Rahmayani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8097/1/2012_2012680.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8097/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 81 kota Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Sains, hasil belajar siswa masih rendah di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas IVc SDN 81 Kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus empat kali pertemuan. Satu pertemuan pra tindakan dan untuk masing-masing siklus satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1). Perencanaan atau persiapan tindakan, 2).Pelaksanaan tindakan, 3).Observasi, 4). Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains. Selanjutnya penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan ketuntasan 30,30%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 45,45%, kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan 63,63% selanjutnya pada siklus III juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan 84.84% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru dapat diterima.