PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Main Author: Wiza Rahmayani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8097/1/2012_2012680.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8097/
ctrlnum 8097
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8097/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN&#xD; KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP&#xD; SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81&#xD; KECAMATAN MARPOYAN DAMAI&#xD; KOTA PEKANBARU</title><creator>Wiza Rahmayani, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action&#xD; Research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 81 kota Pekanbaru ditemui&#xD; beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang&#xD; menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang&#xD; diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada nilai rapor khususnya pada&#xD; mata pelajaran Sains, hasil belajar siswa masih rendah di bawah nilai KKM yang&#xD; telah ditetapkan yaitu 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang&#xD; disampaikan oleh guru di kelas IVc SDN 81 Kota Pekanbaru. Adapun rumusan&#xD; masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar sains&#xD; melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN&#xD; 81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru.&#xD; Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus empat kali pertemuan. Satu&#xD; pertemuan pra tindakan dan untuk masing-masing siklus satu kali pertemuan.&#xD; Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang&#xD; mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang&#xD; dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1). Perencanaan atau persiapan&#xD; tindakan, 2).Pelaksanaan tindakan, 3).Observasi, 4). Refleksi.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya&#xD; peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains. Selanjutnya penelitian&#xD; pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan&#xD; dengan ketuntasan 30,30%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil&#xD; belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 45,45%, kemudian pada siklus II juga&#xD; terjadi peningkatan 63,63% selanjutnya pada siklus III juga terjadi peningkatan&#xD; dengan ketuntasan 84.84% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil&#xD; belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat&#xD; disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan&#xD; kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan&#xD; Marpoyan Damai kota Pekanbaru dapat diterima.</description><date>2012-09-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8097/1/2012_2012680.pdf</identifier><identifier> Wiza Rahmayani, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8097</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wiza Rahmayani,
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU
publishDate 2012
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/8097/1/2012_2012680.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8097/
contents Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 81 kota Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Sains, hasil belajar siswa masih rendah di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas IVc SDN 81 Kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus empat kali pertemuan. Satu pertemuan pra tindakan dan untuk masing-masing siklus satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1). Perencanaan atau persiapan tindakan, 2).Pelaksanaan tindakan, 3).Observasi, 4). Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains. Selanjutnya penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan ketuntasan 30,30%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 45,45%, kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan 63,63% selanjutnya pada siklus III juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan 84.84% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru dapat diterima.
id IOS7815.8097
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:40Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:40Z
recordtype dc
_version_ 1674821922122104832
score 17.538404