PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU
Main Author: | Wiza Rahmayani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8097/1/2012_2012680.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8097/ |
ctrlnum |
8097 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8097/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN
KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP
SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81
KECAMATAN MARPOYAN DAMAI
KOTA PEKANBARU</title><creator>Wiza Rahmayani, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action
Research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 81 kota Pekanbaru ditemui
beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang
menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang
diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada nilai rapor khususnya pada
mata pelajaran Sains, hasil belajar siswa masih rendah di bawah nilai KKM yang
telah ditetapkan yaitu 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang
disampaikan oleh guru di kelas IVc SDN 81 Kota Pekanbaru. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar sains
melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN
81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru.
Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus empat kali pertemuan. Satu
pertemuan pra tindakan dan untuk masing-masing siklus satu kali pertemuan.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang
dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1). Perencanaan atau persiapan
tindakan, 2).Pelaksanaan tindakan, 3).Observasi, 4). Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya
peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains. Selanjutnya penelitian
pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan
dengan ketuntasan 30,30%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil
belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 45,45%, kemudian pada siklus II juga
terjadi peningkatan 63,63% selanjutnya pada siklus III juga terjadi peningkatan
dengan ketuntasan 84.84% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil
belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat
disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan
kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan
Marpoyan Damai kota Pekanbaru dapat diterima.</description><date>2012-09-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8097/1/2012_2012680.pdf</identifier><identifier> Wiza Rahmayani, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8097</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wiza Rahmayani, |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENDEKATAN
KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP
SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 81
KECAMATAN MARPOYAN DAMAI
KOTA PEKANBARU |
publishDate |
2012 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8097/1/2012_2012680.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8097/ |
contents |
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action
Research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 81 kota Pekanbaru ditemui
beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang
menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang
diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada nilai rapor khususnya pada
mata pelajaran Sains, hasil belajar siswa masih rendah di bawah nilai KKM yang
telah ditetapkan yaitu 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang
disampaikan oleh guru di kelas IVc SDN 81 Kota Pekanbaru. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar sains
melalui pendekatan kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN
81 Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru.
Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus empat kali pertemuan. Satu
pertemuan pra tindakan dan untuk masing-masing siklus satu kali pertemuan.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang
dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1). Perencanaan atau persiapan
tindakan, 2).Pelaksanaan tindakan, 3).Observasi, 4). Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya
peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains. Selanjutnya penelitian
pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan
dengan ketuntasan 30,30%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil
belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 45,45%, kemudian pada siklus II juga
terjadi peningkatan 63,63% selanjutnya pada siklus III juga terjadi peningkatan
dengan ketuntasan 84.84% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil
belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat
disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar sains melalui pendekatan
kontekstual dengan teknik nominal group siswa kelas IV SDN 81 Kecamatan
Marpoyan Damai kota Pekanbaru dapat diterima. |
id |
IOS7815.8097 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:40Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821922122104832 |
score |
17.538404 |