PENGARUH KEMANFAATAN KARTU ATM TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MANDIRI CABANG AHMAD YANI PEKANBARU

Main Author: Syaifullah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7473/1/2012_2012179MEN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7473/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan kartu ATM terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bank Mandiri Cabang Ahmad Yani Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Mandiri Cabang Ahmad Yani Pekanbaru. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Solution Service) versi 17.00. Pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Populasi responden pada penelitian ini adalah nasabah pengguna kartu ATM pada PT. Bank Mandiri Cabang Ahmad Yani Pekanbaru, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan pertama, instrument yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Pearson Corelation dan Croanbach Alpha. Kedua secara parsial hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemanfaatan kartu ATM yang terdiri dari penarikan tunai berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimana t hitung sebesar 4.659 > dari t tabel 1.984, setoran tunai berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimana t hitung sebesar 2.301 > dari t tabel 1.984, pembelian berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimana t hitung sebesar 2.334 > dari t tabel 1.984, transfer dana berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimana t hitung sebesar 1.995 < dari t tabel 1.984, pembayaran berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimana t hitung sebesar 2.245 < dari t tabel 1.984, dan pembelanjaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimana t hitung sebesar 3.175 > dari t tabel 1.984. Dan hasil secara deskriftif kualitatif hasil jawaban responden menunjukkan responden menjawab sangat puas terhadap kemanfaatan kartu ATM yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Kata kunci: Kepuasan Nasabah, Penarikan Tunai, Setoran Tunai, Pembelian, Transfer Dana, Pembayaran dan Pembelanjaan.