MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | SYARIFAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5619/1/2013_2013739PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5619/ |
Daftar Isi:
- PenelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarsiswapadaPendidi kan Agama Islam. Hal initerlihatdarigejala-gejalasebagaiberikut: 1) Adanya sebagian siswa,hasillatihannyamasihtergolongrendahbelummencapaikriteriaketuntasan minimum ( KKM) yang ditetapkansekolahyakni 60 % untuksetiapindividu. 2) Berdasarkanhasilulanganbelajarsiswa, hanya 14 orang yangmemperoleh nilai 56,Berdasarkanlatarbelakangmasalah yang telahdipaparkan, makadapatdirumuskanmasalahpenelitianiniyaituApakahhasilbelajarSiswadapat ditingkatkan melalui StrategiguidednotetakingpadamatapelajaranPendidikan Agama Islam Kelas IV SekolahDasarNegeri 006 Bandar SeikijangKabupatenPelalawan? SebagaiSubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas IVSDN 006 Bandar SeikijangKabupatenPelalawanterdiriatas 15 orang laki-lakidan 10 orang perempuan.Sedangkan yang menjadiobjekpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarsiswa,melaluipenerapan strategi Guided Note Taking.Tahapan-tahapan yang dilaluidalampenelitiantindakankelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapantindakan, 2) Pelaksanaantindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwahasil belajarsiswapada siklus I belummencapaiketuntasanklasikal 75 %. Dan ketuntasankelashanya 68%, kondisitersebutbelummencapaiindikatordalampenelitianini, Sedangkanpadasiklus II dengan 2 kali pertemuanternyatahasilbelajarsiswakelas IV SekolahDasarNegeri 006 Bandar SeikijangKabupatenPelalawanmeningkatdengannilaiketuntasanklasikalyang diperolehsiswayaitu 88% dengaketuntasanmencapai 88%.