KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM VARIASI MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I TAPUNG HULU KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | SYALMA HENDRI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5539/1/2013_2013439PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5539/ |
Daftar Isi:
- Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Tapung Hulu pada umumnya memiliki latar belakang pendidikan keguruan, sudah seharusnya guru dapat bervariasi mengajar dengan baik, akan tetapi saat penulis melakukan studi pendahuluan, penulis menemukan gejalagejala yang menunjukkan masih adanya sebagian murid yang ribut, mengantuk, dan tidak memperhatikan selama proses belajar mengajar berlangsung. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Variasi Mengajar Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 1 Tapung Hulu Kacamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu : 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif penulis menggunakan rumus: P= N F 100%. Hasil persentase ditafsirkan dengan kata-kata (kalimat) sesuai dengan standar 4 (empat) kalsifikasi yaitu : 1. 76% - 100% dikategorikan baik, 2. 56% - 75% dikategorikan cukup baik, 3. 40% - 55% dikategorikan kurang baik, 4. Kurang dari 40% dikategorikan tidak baik. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Variasi Mengajar Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri 1 Tapung Hulu Kacamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar tergolong cukup baik dengan angka persentase 72,5% berdasarkan standar yang ditetapkan berada antara 56% - 75%