PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Salman Alfarisi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5231/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN 005 Bukit Ranah, diketahui terdapat gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV yaitu rendahnya perhatian siswa terhadap guru dalam menjelaskan pelajaran, hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran sebanyak 18 (72%) dari 25 siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan pelajaran. Melihat kenyataan dilapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan Pembelajaran Turnamen Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 25 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Pembelajaran Turnamen Belajar dan Motivasi Belajar. Dari hasil penelitian, motivasi belajar siswa di kelas sebelum tindakan adalah 42,5%, pada siklus I diketahui tingkat motivasi belajar siswa berada pada persentase 48% dari keseluruhan siswa, dan belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II tingkat motivasi belajar siswa meningkat dengan persentase 68% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian secara keseluruhan motivasi belajar siswa kelas IV terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Turnamen Belajar ini dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.