PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Salman Alfarisi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5231/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/
ctrlnum 5231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK&#xD; MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA&#xD; SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005&#xD; BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Salman Alfarisi, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN 005 Bukit&#xD; Ranah, diketahui terdapat gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi pada siswa&#xD; kelas IV yaitu rendahnya perhatian siswa terhadap guru dalam menjelaskan&#xD; pelajaran, hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran sebanyak 18 (72%) dari&#xD; 25 siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan pelajaran. Melihat&#xD; kenyataan dilapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan&#xD; menerapkan Pembelajaran Turnamen Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk&#xD; mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika&#xD; siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.&#xD; Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini&#xD; dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali&#xD; pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 005&#xD; Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 25&#xD; orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan&#xD; Pembelajaran Turnamen Belajar dan Motivasi Belajar.&#xD; Dari hasil penelitian, motivasi belajar siswa di kelas sebelum tindakan&#xD; adalah 42,5%, pada siklus I diketahui tingkat motivasi belajar siswa berada pada&#xD; persentase 48% dari keseluruhan siswa, dan belum mencapai indikator yang&#xD; diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II&#xD; tingkat motivasi belajar siswa meningkat dengan persentase 68% dari keseluruhan&#xD; siswa. Dengan demikian secara keseluruhan motivasi belajar siswa kelas IV&#xD; terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran&#xD; Turnamen Belajar ini dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa&#xD; kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.</description><date>2014-06-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/7/EM.pdf</identifier><identifier> Salman Alfarisi, (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>5231</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Salman Alfarisi,
title PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2014
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/5231/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/
contents Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN 005 Bukit Ranah, diketahui terdapat gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV yaitu rendahnya perhatian siswa terhadap guru dalam menjelaskan pelajaran, hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran sebanyak 18 (72%) dari 25 siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan pelajaran. Melihat kenyataan dilapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan Pembelajaran Turnamen Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 25 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Pembelajaran Turnamen Belajar dan Motivasi Belajar. Dari hasil penelitian, motivasi belajar siswa di kelas sebelum tindakan adalah 42,5%, pada siklus I diketahui tingkat motivasi belajar siswa berada pada persentase 48% dari keseluruhan siswa, dan belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II tingkat motivasi belajar siswa meningkat dengan persentase 68% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian secara keseluruhan motivasi belajar siswa kelas IV terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Turnamen Belajar ini dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
id IOS7815.5231
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:07:14Z
last_indexed 2019-07-31T02:07:14Z
recordtype dc
_version_ 1674821904378101760
score 17.538404