PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Salman Alfarisi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/ |
ctrlnum |
5231 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005
BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Salman Alfarisi, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN 005 Bukit
Ranah, diketahui terdapat gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi pada siswa
kelas IV yaitu rendahnya perhatian siswa terhadap guru dalam menjelaskan
pelajaran, hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran sebanyak 18 (72%) dari
25 siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan pelajaran. Melihat
kenyataan dilapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan
menerapkan Pembelajaran Turnamen Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika
siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali
pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 005
Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 25
orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan
Pembelajaran Turnamen Belajar dan Motivasi Belajar.
Dari hasil penelitian, motivasi belajar siswa di kelas sebelum tindakan
adalah 42,5%, pada siklus I diketahui tingkat motivasi belajar siswa berada pada
persentase 48% dari keseluruhan siswa, dan belum mencapai indikator yang
diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II
tingkat motivasi belajar siswa meningkat dengan persentase 68% dari keseluruhan
siswa. Dengan demikian secara keseluruhan motivasi belajar siswa kelas IV
terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran
Turnamen Belajar ini dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa
kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.</description><date>2014-06-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5231/7/EM.pdf</identifier><identifier> Salman Alfarisi, (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>5231</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Salman Alfarisi, |
title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN TURNAMEN BELAJAR UNTUK
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005
BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2014 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/5231/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5231/ |
contents |
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN 005 Bukit
Ranah, diketahui terdapat gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi pada siswa
kelas IV yaitu rendahnya perhatian siswa terhadap guru dalam menjelaskan
pelajaran, hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran sebanyak 18 (72%) dari
25 siswa kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan pelajaran. Melihat
kenyataan dilapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan
menerapkan Pembelajaran Turnamen Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika
siswa kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali
pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 005
Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 25
orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan
Pembelajaran Turnamen Belajar dan Motivasi Belajar.
Dari hasil penelitian, motivasi belajar siswa di kelas sebelum tindakan
adalah 42,5%, pada siklus I diketahui tingkat motivasi belajar siswa berada pada
persentase 48% dari keseluruhan siswa, dan belum mencapai indikator yang
diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II
tingkat motivasi belajar siswa meningkat dengan persentase 68% dari keseluruhan
siswa. Dengan demikian secara keseluruhan motivasi belajar siswa kelas IV
terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran
Turnamen Belajar ini dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa
kelas IV SDN 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. |
id |
IOS7815.5231 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:14Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821904378101760 |
score |
17.538404 |