PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS TENAGA PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 SABAK AUH KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIAK
Main Author: | Muhammad Robi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4920/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4920/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4920/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4920/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4920/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4920/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4920/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4920/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Tenaga Perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak dan faktor – faktor Pendukung dan Penghambat Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Tenaga Perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak, sedangkan objek Penelitian ini adalah “ Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Tenaga Perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak”. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu : wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dan Setelah di analisis, bahwa Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Tenaga Perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Bahwasannya kepala sekolah telah menyusun rencana dan membuat kebijakan dalam pengawasan terhadap tenaga perpustakaan, ini dilakukan supaya mudah memantau permasalahan yang terjadi terhadap tenaga perpustakaan dalam melaksanakan pekerjaannya. Kepala sekolah telah melibatkan tenaga perpustakaan dalam pengambilan keputusan sekolah. Kepala sekolah selalu membantu dan memberikan dorongan kepada tenaga perpustakaan menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaaan tenaga perpustakaan. Kepala sekolah menunjukkan sikap yang baik kepada tenaga perpustakaan dalam melakukan pengawasan. Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mengikutsertakan seluruh tenaga yang ada di sekolah termasuk tenaga perpustakaan. Kepala sekolah memperhatikan pekerjaan yang di laksanakan oleh tenaga perpustakaan. Memberikan motivasi dan ide – ide kepada tenaga perpustakaan guna untuk meningkatkan kreatifitas tenaga perpustakaan dalam melaksanakan pekerjaan di dalam perpustakaan. Kepala sekolah telah memberikan kenyamanan berupa sarana dan prasarana, sehingga mendukung kegiatan tenaga perpustakaan dalam melaksanakan pekerjaan serta memberi gaji kepada tenaga perpustakaan. Adapun faktor pendukung adalah latar pendidikan kepala sekolah yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, serta memiliki pribadi yang baik, kreatif serta memiliki wawasan di bidang pengawasan, dan faktor penghambatnya adalah pengetahuan tenaga perpustakaan di bidang pustaka masih kurang, latar pendidikan yang tidak sesuai, keterampilan dalam mengelola perpustakaan kurang memadai.