PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MEMBELI SEPEDA MOTOR MEREK HONDA PADA PT. MITRA PINASTHIKA MUSTIKA MOTOR PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru yang berlangsung pada bulan Oktober 2013 hingga selesai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh brand equity terhadap loyalitas pelanggan membeli sepeda motor merek honda pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru. Hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:di duga brand equity berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam membeli sepeda motor merek honda pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru. jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primier dan sekunder.Teknik pengambilan sample secara purposive sampling method dimana menggunakan petimbangan dalam memilih sampel yang dianggap dapat memberikan informasi yang diperlukan responden sesuai dengan kriteria tertentu ,dan penentuan sample menggunakan rumus slovin jumlah sampel 100 orang. pengumpulan data melalui angket (kuesioner) dan wawancara kepada responden terpilih, sedangkan analisis data penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan peralatan statistik yaitu metode Regresi Linier Sederhana yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat (Y) dengan variabel bebas (x). variabel bebas dalam penelitian ini adalah brand equity sedangkan variabel terikat adalah loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara brand equity dan loyalitas pelanggan pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru.hal ini dapat dilihat dan di buktikan dari R square sebesar 0,459 ini berarti berpengaruh brand equity sebesar 45,9% terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor merek honda PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru , dan sisanya 54,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diamati. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru untuk memperhatikan brand equity tersebut, hal ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dalam membeli sepeda motor merek honda pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Pekanbaru. Kata Kunci : Brand Equity dan Loyalitas Pelanggan