PENGARUH KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK TOSHIBA (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU)
Daftar Isi:
- MARYONO, Pengaruh Kelompok Rujukan Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Toshiba (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau). Dibawah bimbingan Doni Martias SE, MM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok rujukan terhadap keputusan pembelian laptop merek toshiba dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan mengambil sampel sebanyak 79 orang Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA Riau. Model analisis yang digunakan adalah model Analisis Regresi Berganda, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan uji statistik yaitu uji F, uji t, dan uji determinasi (R2 ) . Berdasarkan hasil analisis yang dijelaskan dalam pembahasan terbukti bahwa semua variabel dalam kelompok rujukan dapat mempengaruhi keputusan pembelian laptop merek toshiba. Berdasarkan Statistik Fhitung menunjukkan bahwa secara simultan atau serentak variabel Kelompok persahabatan, Kelompok belanja, Kelompok kerja, Kelompok masyarakat maya dan Kelompok pegiat konsumen mempengaruhi Keputusan pembelian laptop merek toshiba pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Variabel Kelompok persahabatan mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan pembelian laptop merek toshiba dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Kata Kunci : Kelompok Rujukan, Keputusan Pembelian.