FAKTOR PEMBELIAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KARTU PRABAYAR TELKOMSEL (Studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi dan ilmu social UIN Suska Riau)
Daftar Isi:
- Kartu Prabayar Telkomsel merupakan kartu prabayar paling banyak dipakai oleh mahasiswa fakultas ekonomi dan ilmu sosial. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor produk, pelayanan dan pembelian terhadap loyalitas kartu prabayar telkomsel. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 98 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dan data hasil kuesioner tersebut di olah menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian di dapatkan bahwa faktor produk dengan nilai 3.176 (Thitung ) >1.989 (Ttabel) dan Faktor Pelayanan dengan nilai 3.808 (Thitung ) >1.989 (Ttabel) maka berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar telkomsel. Sedangkan Faktor Pembelian dengan nilai 1.089 (Thitung ) <1.989 (Ttabel) maka tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar telkomsel. Selanjutnya untuk pengaruh secara bersama-sama dengan ketentuan Fhitung > Ftabel dengan nilai 13.305 Fhitung > 2.70 Ftabel maka berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan kartu prabayar telkomsel. Adapun untuk Koofesien Determinasi ketiga faktor (X) tersebut memberikan sumbangan pengaruh terhadap loyalitas (Y) sebesar 29.8 %. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan perusahaan dapat meningkatkan ke tiga faktor tersebut agar loyalitas pelanggan kartu prabayar telkomsel tetap terjaga, dan penelitian ini juga bisa menjadi referensi untuk penelitian mendatang. Kata Kunci : Faktor Produk, Faktor Pelayanan, dan Faktor Pembelian.