Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada PT. Interindo Wisata Pekanbaru yang beralamat di Jln. SM. Amin No 134, Arengka II Pekanbaru. Penelitian ini dimulai sejak Maret 2014 hingga selesai. Adapun Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdiri dari data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 28 sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Sensus. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan analisa Regresi Linear berganda dengan bantuan perangkat SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil uji Regresi Linear berganda di peroleh persamaan: Y = 3.563 + 1.213X1 + 0.397X2 + e. Kemudian dari hasil Uji secara Parsial (Uji t) diketahui bahwa variabel kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Interindo Wisata Pekanbaru, sedangkan dari hasil Uji secara Simultan (Uji F) diketahui bahwa variabel kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Interindo Wisata Pekanbaru. Sedangkan berdasarkan perhitungan Koefisien Determinasi (R2) diketahui bahwa nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0.636, kemudian nilai ini akan dirubah ke bentuk persen. Ini artinya persentase sumbangan pengaruh variabel kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Interindo Wisata Pekanbaru sebesar 63.6 %, sedangkan sisanya 36.4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini Disarankan agar sistem negosiasi dan kesepakatan dalam proses penyewaan pada perusahaan dapat memberikan kemudahan untuk hal transaksi., selanjutnya perusahaan harus benar-benar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan selalu melakukan penyewaan bus secara berulang-ulang untuk kegiatan tour dan travel. Kata Kunci: Loyalitas, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan.