Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Pada Pasien BPJS Kesehatan

Main Author: Winda Setri Elecia, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/26870/1/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/26870/2/WINDA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/26870/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama : Winda Setri Elecia NIM : 11643202302 Judul : Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Pada Pasien BPJS Kesehatan. Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru adalah sebagai salah satu tempat sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru tidak lepas dari peran humas dalam meningkatkan mutu pelayanan, humas harus dapat beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi dengan cara melakukan keterbukaan informasi agar tercapai sebuah strategi komunikasi yang diinginkan. Pelayanan prima terdiri dari kecepatan, ketepatan, keramahan, kenyamanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru dalam meningkatkan pelayanan prima pada pasien BPJS kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualtiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer merupakan hasil wawancara dengan informan kunci dan informan tambahan, hasil observasi, dan dokumen – dokumen yang terdapat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Kemudian, untuk data sekundernya adalah arsip dan buku – buku yang diterbitkan oleh Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah pihak Humas Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru telah menjalankan strategi komunikasi humas untuk mencapai tujuan organisasi dalam meningkatkan pelayanan prima pada pasien BPJS Kesehatan. Pelayanan prima tersebut terdiri dari kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Humas, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru, Pasien BPJS Kesehatan.