PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KECAMATAN KUOK
Main Author: | Rika Julita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2440/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2440/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2440/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2440/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2440/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2440/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2440/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sebagian siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuok serta kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas X.2 sebagai kelas kontrol dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,02 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,8 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 17,8%. Kata Kunci : Discovery Learning, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon.