ctrlnum 2440
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY&#xD; LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP&#xD; HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH&#xD; NEGERI KUOK KECAMATAN KUOK</title><creator>Rika Julita, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilatarbelakangi oleh&#xD; rendahnya hasil belajar sebagian siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuok serta kurangnya&#xD; partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat pada&#xD; guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran&#xD; discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pada materi&#xD; Hidrokarbon di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Populasi pada penelitian ini adalah&#xD; seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan&#xD; menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas X.2 sebagai kelas kontrol dan&#xD; kelas X.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah&#xD; dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan&#xD; posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini&#xD; menggunakan uji tes &#x201C;t&#x201D;. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,02 pada taraf signifikan&#xD; 5% diperoleh ttabel = 2,8 menunjukkan bahwa thitung &#x2265; ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha&#xD; diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning&#xD; dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien pengaruh&#xD; sebesar 17,8%.&#xD; Kata Kunci : Discovery Learning, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon.</description><date>2016-02-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2440/7/EM.pdf</identifier><identifier> Rika Julita, (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KECAMATAN KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>2440</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rika Julita,
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KECAMATAN KUOK
publishDate 2016
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/2440/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2440/
contents Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sebagian siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuok serta kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas X.2 sebagai kelas kontrol dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,02 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,8 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 17,8%. Kata Kunci : Discovery Learning, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon.
id IOS7815.2440
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:39Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:39Z
recordtype dc
_version_ 1674821887759220736
score 17.538404