Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar
Main Author: | TIAGHARDINI, 11413200552 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24310/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24310/2/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24310/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK TIAGHARDINI, (2019): Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan asertif siswa, pelaksanaan layanan penguasaan konten dan efektivitas layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Metode yang digunakan adalah metode one group pre-test and post test design dengan struktur “O ix 1 x O ”. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Sampel diambil sebanyak 12 orang siswa yang memiliki kemampuan asertif rendah siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 12 orang siswa sebanyak 6 kali yaitu dengan melaksanakan layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pretest, post-test, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai wilcoxon ranks test dengan tingkat signifikasi bernilai 0.002 < 0.005, sehingga Ha diterima, artinya ada perbedaan antara kemampuan asertif untuk Pre test dan Post test. Dengan demikian sebelum dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok kemampuan asertif siswa berada dikategori rendah yaitu 49%. Setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok, kemampuan asertif meningkat menjadi 77% dengan kategori tinggi. Kesimpulannya adalah kemampuan asertif siswa setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok meningkat dengan rata-rata persentase 28%. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Penguasaan Konten, Diskusi Kelompok, Kemampuan Asertif