Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar

Main Author: TIAGHARDINI, 11413200552
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24310/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24310/2/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24310/
ctrlnum 24310
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/24310/</relation><title>Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan&#xD; Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan&#xD; Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah&#xD; Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar</title><creator>TIAGHARDINI, 11413200552</creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; TIAGHARDINI, (2019): Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan&#xD; Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan&#xD; Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah&#xD; Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar &#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan asertif siswa, pelaksanaan&#xD; layanan penguasaan konten dan efektivitas layanan penguasaan konten dengan&#xD; teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa.&#xD; Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis&#xD; eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Metode yang digunakan adalah metode&#xD; one group pre-test and post test design dengan struktur &#x201C;O&#xD; ix &#xD; 1&#xD; x O&#xD; &#x201D;. Subjek&#xD; penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas&#xD; layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok untuk&#xD; meningkatkan kemampuan asertif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1&#xD; Siak Hulu Kampar. Sampel diambil sebanyak 12 orang siswa yang memiliki&#xD; kemampuan asertif rendah siswa dengan menggunakan teknik purposive&#xD; sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 12 orang siswa sebanyak 6 kali&#xD; yaitu dengan melaksanakan layanan penguasaan konten dengan menggunakan&#xD; teknik diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pretest,&#xD; &#xD; post-test, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik&#xD; wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan layanan penguasaan&#xD; konten dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan&#xD; asertif pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar, hal&#xD; ini dapat dilihat dari perolehan nilai wilcoxon ranks test dengan tingkat signifikasi&#xD; bernilai 0.002 &lt; 0.005, sehingga Ha diterima, artinya ada perbedaan antara&#xD; kemampuan asertif untuk Pre test dan Post test. Dengan demikian sebelum&#xD; dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok&#xD; kemampuan asertif siswa berada dikategori rendah yaitu 49%. Setelah&#xD; dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok,&#xD; kemampuan asertif meningkat menjadi 77% dengan kategori tinggi. &#xD; Kesimpulannya adalah kemampuan asertif siswa setelah dilaksanakan layanan&#xD; penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok meningkat dengan rata-rata&#xD; persentase 28%. &#xD; Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Penguasaan Konten, Diskusi Kelompok,&#xD; Kemampuan Asertif</description><date>2020-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24310/1/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24310/2/GABUNGAN.pdf</identifier><identifier> TIAGHARDINI, 11413200552 (2020) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>24310</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author TIAGHARDINI, 11413200552
title Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar
publishDate 2020
isbn 11413200552
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/24310/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24310/2/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24310/
contents ABSTRAK TIAGHARDINI, (2019): Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan asertif siswa, pelaksanaan layanan penguasaan konten dan efektivitas layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Metode yang digunakan adalah metode one group pre-test and post test design dengan struktur “O ix 1 x O ”. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Sampel diambil sebanyak 12 orang siswa yang memiliki kemampuan asertif rendah siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 12 orang siswa sebanyak 6 kali yaitu dengan melaksanakan layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pretest, post-test, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai wilcoxon ranks test dengan tingkat signifikasi bernilai 0.002 < 0.005, sehingga Ha diterima, artinya ada perbedaan antara kemampuan asertif untuk Pre test dan Post test. Dengan demikian sebelum dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok kemampuan asertif siswa berada dikategori rendah yaitu 49%. Setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok, kemampuan asertif meningkat menjadi 77% dengan kategori tinggi. Kesimpulannya adalah kemampuan asertif siswa setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok meningkat dengan rata-rata persentase 28%. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Penguasaan Konten, Diskusi Kelompok, Kemampuan Asertif
id IOS7815.24310
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2020-01-07T19:18:46Z
last_indexed 2020-01-07T19:18:46Z
recordtype dc
_version_ 1686573801705308160
score 17.538404