Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar
Main Author: | TIAGHARDINI, 11413200552 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/24310/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24310/2/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24310/ |
ctrlnum |
24310 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/24310/</relation><title>Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan
Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan
Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar</title><creator>TIAGHARDINI, 11413200552</creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>ABSTRAK

TIAGHARDINI, (2019): Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan
Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan
Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan asertif siswa, pelaksanaan
layanan penguasaan konten dan efektivitas layanan penguasaan konten dengan
teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa.
Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis
eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Metode yang digunakan adalah metode
one group pre-test and post test design dengan struktur “O
ix 
1
x O
”. Subjek
penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas
layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok untuk
meningkatkan kemampuan asertif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Siak Hulu Kampar. Sampel diambil sebanyak 12 orang siswa yang memiliki
kemampuan asertif rendah siswa dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 12 orang siswa sebanyak 6 kali
yaitu dengan melaksanakan layanan penguasaan konten dengan menggunakan
teknik diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pretest,

post-test, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik
wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan layanan penguasaan
konten dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan
asertif pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar, hal
ini dapat dilihat dari perolehan nilai wilcoxon ranks test dengan tingkat signifikasi
bernilai 0.002 < 0.005, sehingga Ha diterima, artinya ada perbedaan antara
kemampuan asertif untuk Pre test dan Post test. Dengan demikian sebelum
dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok
kemampuan asertif siswa berada dikategori rendah yaitu 49%. Setelah
dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok,
kemampuan asertif meningkat menjadi 77% dengan kategori tinggi. 
Kesimpulannya adalah kemampuan asertif siswa setelah dilaksanakan layanan
penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok meningkat dengan rata-rata
persentase 28%. 
Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Penguasaan Konten, Diskusi Kelompok,
Kemampuan Asertif</description><date>2020-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24310/1/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/24310/2/GABUNGAN.pdf</identifier><identifier> TIAGHARDINI, 11413200552 (2020) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>24310</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
TIAGHARDINI, 11413200552 |
title |
Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan
Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan
Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar |
publishDate |
2020 |
isbn |
11413200552 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/24310/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24310/2/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/24310/ |
contents |
ABSTRAK
TIAGHARDINI, (2019): Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan
Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan
Kemampuan Asertif Siswa di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan asertif siswa, pelaksanaan
layanan penguasaan konten dan efektivitas layanan penguasaan konten dengan
teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan kemampuan asertif pada siswa.
Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis
eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Metode yang digunakan adalah metode
one group pre-test and post test design dengan struktur “O
ix
1
x O
”. Subjek
penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas
layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik diskusi kelompok untuk
meningkatkan kemampuan asertif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Siak Hulu Kampar. Sampel diambil sebanyak 12 orang siswa yang memiliki
kemampuan asertif rendah siswa dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 12 orang siswa sebanyak 6 kali
yaitu dengan melaksanakan layanan penguasaan konten dengan menggunakan
teknik diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pretest,
post-test, dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik
wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan layanan penguasaan
konten dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan
asertif pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar, hal
ini dapat dilihat dari perolehan nilai wilcoxon ranks test dengan tingkat signifikasi
bernilai 0.002 < 0.005, sehingga Ha diterima, artinya ada perbedaan antara
kemampuan asertif untuk Pre test dan Post test. Dengan demikian sebelum
dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok
kemampuan asertif siswa berada dikategori rendah yaitu 49%. Setelah
dilaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok,
kemampuan asertif meningkat menjadi 77% dengan kategori tinggi.
Kesimpulannya adalah kemampuan asertif siswa setelah dilaksanakan layanan
penguasaan konten dengan teknik diskusi kelompok meningkat dengan rata-rata
persentase 28%.
Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Penguasaan Konten, Diskusi Kelompok,
Kemampuan Asertif |
id |
IOS7815.24310 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2020-01-07T19:18:46Z |
last_indexed |
2020-01-07T19:18:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686573801705308160 |
score |
17.538404 |