PENERAPAN METODE NON DIRECTIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Main Author: Nurvita Ismalia,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2428/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains melalui metode Non Directive. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode Non Directive dapat meningkatkan hasil belajar suswa pada mata pelajarn Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu masing-masing siklus terdir dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuansing dengan jumlah siswa 23 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Non Directive untuk meningkatkan hasil belajar siswa. pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisa data dengan cara mencari rata-rata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 35% atau 8 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orangatau ketuntasan mencapai 60,9%, pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 86,9%. Dengan demikian penerapan metode non directive dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar.