PENERAPAN METODE NON DIRECTIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Nurvita Ismalia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/ |
ctrlnum |
2428 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/</relation><title>PENERAPAN METODE NON DIRECTIVE UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS
DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG
BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR
KABUPATEN KUANTAN SINGINGI</title><creator>Nurvita Ismalia, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Sains melalui metode Non Directive. Rumusan masalah pada penelitian
ini adalah apakah penerapan metode Non Directive dapat meningkatkan hasil
belajar suswa pada mata pelajarn Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007
Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu masing-masing siklus terdir
dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuansing
dengan jumlah siswa 23 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan
metode Non Directive untuk meningkatkan hasil belajar siswa. pengambilan data
pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisa data
dengan cara mencari rata-rata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan
kategorinya.
Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum
tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 35% atau 8 orang siswa yang tuntas,
pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orangatau ketuntasan
mencapai 60,9%, pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 20 orang
siswa atau dengan persentase 86,9%. Dengan demikian penerapan metode non
directive dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar.</description><date>2016-02-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2428/7/EM.pdf</identifier><identifier> Nurvita Ismalia, (2016) PENERAPAN METODE NON DIRECTIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>2428</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nurvita Ismalia, |
title |
PENERAPAN METODE NON DIRECTIVE UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS
DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG
BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR
KABUPATEN KUANTAN SINGINGI |
publishDate |
2016 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/2428/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2428/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Sains melalui metode Non Directive. Rumusan masalah pada penelitian
ini adalah apakah penerapan metode Non Directive dapat meningkatkan hasil
belajar suswa pada mata pelajarn Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007
Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu masing-masing siklus terdir
dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuansing
dengan jumlah siswa 23 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan
metode Non Directive untuk meningkatkan hasil belajar siswa. pengambilan data
pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisa data
dengan cara mencari rata-rata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan
kategorinya.
Hasil penelitian ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum
tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 35% atau 8 orang siswa yang tuntas,
pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orangatau ketuntasan
mencapai 60,9%, pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 20 orang
siswa atau dengan persentase 86,9%. Dengan demikian penerapan metode non
directive dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar. |
id |
IOS7815.2428 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:36Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821887712034816 |
score |
17.538404 |