PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 2 KAMPAR
Main Author: | Nikmatun Hayati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2423/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2423/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2423/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2423/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2423/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2423/7/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2423/8/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2423/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretest dan postest, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X-5 (eksperimen TPSq) dan kelas X-1 (kelas kontrol). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TPSq (Think Pair Square). Untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa setelah dilakukan perlakuan dilihat dari data posttest antara kelas eksperimen TPSq (Think Pair Square) dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada awal penelitian adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur, pretest dan posttest sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data akhir dianalisis dengan menggunakan âtâ test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,08 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H o ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari perbedaan rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 77,84 dan kontrol 72,63. Dilihat dari perbedaan nilai posttest kedua kelas dapat menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gian ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 0,66 yang termasuk kategori timggi dan kelas kontrol 0,56 termasuk kategori sedang. Kata Kunci : Penerapan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq).