Pengaruh Advertising terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah di UIN Suska Riau)

Main Author: Shinta Cania, 11425203698
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/24013/1/BAB%20IV%20BARU.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24013/2/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/24013/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Shinta Cania, (2019): Pengaruh Advertising terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah di UIN Suska Riau). Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hal yang mempengaruhi konsumen dalam membeli yakni Avertising yang akan memberikan keleluasaan dalam menentukan pilihan kosmetik yang akan dibelinya. Maka timbul asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian kosmetik wardah mempertimbangkan advertising yang menjadi pertimbangan oleh Mahasiswa dalam melakukan keputusan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah Advertising berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa ekonomi syariah, bagaimana perspektif ekonomi syariah tentang pengaruh Advertising terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa ekonomi syariah. Populasi didalam penelitian ini berjumlah 901 orang dengan sampel 90 orang mahasiswa ekonomi syariah. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik pengumpulan data Proposive Sampling. Dari hasil penelitian berdasarkan uji t diketahui nilai t hitung sebesar 2,984 > 1,98729 dan tingkat signifikansi 0.028 < 0,05. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa advertising berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Sedangkan nilai koefisien determinasi model adalah 0,544 , hal ini berarti 54,4% perubahan nilai variabel Y (keputusan pembelian) dipengaruhi oleh variabel X (advertising). Selebihnya 45,6% perubahan nilai variabel Y (keputusan pembelian) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,737 artinya korelasi antara advertising dan keputusan pembelian memiliki hubungan sangat kuat. Adapun Tinjauan Ekonomi Syariah pada Advertising sudah menjalankan berdasarkan ketentuan syariah yaitu tidak bersifat penipuan dan gharar. Kata Kunci: Advertising dan Keputusan Pembelian