Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru

Main Author: Menti Indriani, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/23451/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23451/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/23451/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Menti Indriani, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif Tipe Active Debate terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa diantaranya: masih ada sebagian siswa yang tidak mau bertanya dan masih ada siswa yang takut salah dalam memberikan pendapat baik berupa saran atau sanggahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS, sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran aktif Tipe Active Debate dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang, yakni 24 orang siswa dikelas eksperimen dan 30 orang siswa dikelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes t setelah melalui uji prasyarat sebelumnya, yakni merubah data ordinal ke interval, uji normalitas dengan menggunakan tes Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji varian. Berdasarkan analisis uji-t dari skor keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,007 < 3,005 > 2,400 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran aktif Tipe Active Debate terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif, Tipe Aktif Debate, Keaktifan Belajar Siswa