Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru
Main Author: | Menti Indriani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23451/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23451/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23451/ |
ctrlnum |
23451 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/23451/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru</title><creator>Menti Indriani, -</creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>ABSTRAK


Menti Indriani, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif Tipe Active Debate terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa diantaranya: masih ada sebagian siswa yang tidak mau bertanya dan masih ada siswa yang takut salah dalam memberikan pendapat baik berupa saran atau sanggahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS, sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran aktif Tipe Active Debate dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang, yakni 24 orang siswa dikelas eksperimen dan 30 orang siswa dikelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes t setelah melalui uji prasyarat sebelumnya, yakni merubah data ordinal ke interval, uji normalitas dengan menggunakan tes Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji varian. Berdasarkan analisis uji-t dari skor keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,007 < 3,005 > 2,400 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran aktif Tipe Active Debate terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif, Tipe Aktif Debate, Keaktifan Belajar Siswa</description><date>2019-12-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/23451/1/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/23451/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Menti Indriani, - (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>23451</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Menti Indriani, - |
title |
Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru |
publishDate |
2019 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/23451/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23451/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23451/ |
contents |
ABSTRAK
Menti Indriani, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif Tipe Active Debate terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa diantaranya: masih ada sebagian siswa yang tidak mau bertanya dan masih ada siswa yang takut salah dalam memberikan pendapat baik berupa saran atau sanggahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS, sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran aktif Tipe Active Debate dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang, yakni 24 orang siswa dikelas eksperimen dan 30 orang siswa dikelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes t setelah melalui uji prasyarat sebelumnya, yakni merubah data ordinal ke interval, uji normalitas dengan menggunakan tes Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji varian. Berdasarkan analisis uji-t dari skor keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,007 < 3,005 > 2,400 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran aktif Tipe Active Debate terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif, Tipe Aktif Debate, Keaktifan Belajar Siswa |
id |
IOS7815.23451 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-12-18T09:06:32Z |
last_indexed |
2020-01-07T19:18:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1680927026703237120 |
score |
17.538404 |