PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEKNIK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Jerni Hidayah. S, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2324/1/2011_2011600.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2324/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat belajar siswa dan apakah ada pengaruh signifikan antara kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Penulis menggunakan teknik data observasi, wawancara dan dokumentasi ke lapangan dan menggunakan rumus korelasi koefesien kontigensi. Setelah data dikumpulkan maka pengolahan data menggunakan statistik korelasi koefesien kontigensi, dimana harga phi lebih besar dari harga "r" tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat belajar siswa kurang mampu, hal ini dapat dilihat dari 5 orang guru yang mengajar, yang dikategorikan mampu ada 2 orang guru dengan persentase 20%, dikategorikan kurang mampu ada 3 orang guru dengan persentase 60% sedangkan tidak mampu tidak ada. Untuk minat belajar siswa yang diajarkan oleh 5 orang guru, yang dikategorikan tinggi ada 1 orang dengan persentase 20%, dikategorikan sedang ada 2 orang guru dengan persentase 40% sedangkan yang dikategorikan rendah ada 2 orang guru dengan persentase 40%. kesimpulannya adalah adanya pengaruh signifikan antara kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah atas negeri 1 kecamatan kampar kabupaten kampar. dengan hasil tabel "r" yaitu. 0,878< 1,155> 0,959.