PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEKNIK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Jerni Hidayah. S, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2324/1/2011_2011600.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2324/ |
ctrlnum |
2324 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2324/</relation><title>PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN
TEKNIK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP
MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN
KAMPAR KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Jerni Hidayah. S, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh
kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat
belajar siswa dan apakah ada pengaruh signifikan antara kemampuan guru
menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Penulis
menggunakan teknik data observasi, wawancara dan dokumentasi ke lapangan dan
menggunakan rumus korelasi koefesien kontigensi.
Setelah data dikumpulkan maka pengolahan data menggunakan statistik
korelasi koefesien kontigensi, dimana harga phi lebih besar dari harga "r" tabel
pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1%, dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran
terhadap minat belajar siswa kurang mampu, hal ini dapat dilihat dari 5 orang guru
yang mengajar, yang dikategorikan mampu ada 2 orang guru dengan persentase
20%, dikategorikan kurang mampu ada 3 orang guru dengan persentase 60%
sedangkan tidak mampu tidak ada.
Untuk minat belajar siswa yang diajarkan oleh 5 orang guru, yang
dikategorikan tinggi ada 1 orang dengan persentase 20%, dikategorikan sedang ada
2 orang guru dengan persentase 40% sedangkan yang dikategorikan rendah ada 2
orang guru dengan persentase 40%. kesimpulannya adalah adanya pengaruh
signifikan antara kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
sekolah menengah atas negeri 1 kecamatan kampar kabupaten kampar. dengan hasil
tabel "r" yaitu. 0,878< 1,155> 0,959.</description><date>2011-02-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2324/1/2011_2011600.pdf</identifier><identifier> Jerni Hidayah. S, (2011) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEKNIK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau. </identifier><recordID>2324</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Jerni Hidayah. S, |
title |
PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN
TEKNIK KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP
MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN
KAMPAR KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/2324/1/2011_2011600.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2324/ |
contents |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh
kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat
belajar siswa dan apakah ada pengaruh signifikan antara kemampuan guru
menerapkan teknik komunikasi pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Penulis
menggunakan teknik data observasi, wawancara dan dokumentasi ke lapangan dan
menggunakan rumus korelasi koefesien kontigensi.
Setelah data dikumpulkan maka pengolahan data menggunakan statistik
korelasi koefesien kontigensi, dimana harga phi lebih besar dari harga "r" tabel
pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1%, dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran
terhadap minat belajar siswa kurang mampu, hal ini dapat dilihat dari 5 orang guru
yang mengajar, yang dikategorikan mampu ada 2 orang guru dengan persentase
20%, dikategorikan kurang mampu ada 3 orang guru dengan persentase 60%
sedangkan tidak mampu tidak ada.
Untuk minat belajar siswa yang diajarkan oleh 5 orang guru, yang
dikategorikan tinggi ada 1 orang dengan persentase 20%, dikategorikan sedang ada
2 orang guru dengan persentase 40% sedangkan yang dikategorikan rendah ada 2
orang guru dengan persentase 40%. kesimpulannya adalah adanya pengaruh
signifikan antara kemampuan guru menerapkan teknik komunikasi pembelajaran
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
sekolah menengah atas negeri 1 kecamatan kampar kabupaten kampar. dengan hasil
tabel "r" yaitu. 0,878< 1,155> 0,959. |
id |
IOS7815.2324 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:32Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:32Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821887060869120 |
score |
17.538404 |