PENGARUH KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | TARIDAH DAMANIK, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/23002/1/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23002/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/23002/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Taridah Damanik, (2019): Pengaruh Keterampilan Variasi Mengajar Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan variasi mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan variasi mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 54 orang siswa. Teknik pengambilan sampel penulis menggunakan tenik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik dan analisis data penelitian ini deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1 % atau (0,266 <0,683 >0,345) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan variasi mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Besarnya persentase pengaruh antara keterampilan variasi mengajar guru terhadap minat belajar siswa sebesar 46,7% sedangkan sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keterampilan Variasi Mengajar, Minat Belajar